Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Government Transformation Academy (GTA), Kominfo RI Latih ASN Tn.Datar

Selasa, 17 Mei 2022 | 18:10 WIB Last Updated 2022-05-17T12:40:48Z

Bupati bersama peserta pelatihan.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Guna peningkatan kompetensi digitalisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan melek teknologi, ditambah lagi saat ini pengguna internet di Indonesia per Januari 2022 sebanyak 204,7 juta pengguna (data We Are Social). 


Karena itu, Kementerian Komunikasi Dan Informasi (Kemenkominfo) RI bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar, memberikan pelatihan kepada ASN yang dibuka resmi Bupati Eka Putra (17/5/2022) di aula kantor bupati setempat.


Bupati Eka Putra mengatakan, pelatihan Government Transformation Academy (GTA) dengan tema “Junior Office Operator (JOO) dan Digital Public Relation (DPR) ini, juga seiring dengan bonus demografi Indonesia saat ini dan Revolusi Industri 4.0.


Sehingga, ini akan menjadi peluang dan pembuka jalan masuknya zaman digitalisasi yang berdampak pada perubahan gaya hidup dan tingkah laku individu maupun institusi termasuk pemerintahan.


“Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi meniadakan jarak ruang dan waktu. Karena, informasi bergerak sangat cepat (real time), dan itu ditandai dengan hadirnya konsep e-government yang merupakan perpaduan antara pelayanan dan pemanfaatan teknologi informasi,” ujarnya.


Guna menjawab itu, harus didukung oleh aparatur pemerintahan yang berkualitas dan menguasai dunia digital, teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas.


Bupati Eka Putra minta ASN selaku peserta dan menjadi pengelola akun media sosial, aplikasi perkantoran maupun memiliki skill digital public relations untuk serius mengikuti pelatihan tersebut hingga selesai pada lima hari ke depan.


“Kepada peserta dalam membuat konten ataupun menulis harus berpedoman kepada Undang-Undang No 28 tahun 2014 tentang hak cipta yang didalamnya mengatur sangsi bagi pembuat konten dan penulis, jika tidak waspada ketentuan pidana atas pelanggaran yang berujung pada sanksi penjara maupun denda, “sebut Eka Putra.


Bupati Eka Putra menambahkan jika saat ini pemerintah tengah melakukan akselerasi transformasi digital melalui empat sektor yaitu infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintah digital dan masyarakat digital.


“Tahun 2022 ini Tanah Datar mendapat fasilitas 5.000 seat, peserta pelatihan dan itu peluang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan. mengudapte diri dan keterampilan agar mampu beradaptasi di era digitalisasi,” harapnya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update