Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gerakan PKK Nagari Pakan Rabaa Dinilai Hari Ini

Rabu, 18 Mei 2022 | 08:39 WIB Last Updated 2022-05-18T01:39:05Z

Nagari Pakan Rabaa dinilai hari ini.


Solok Selatan, Rakyatterkini.com – Tim penilai Gerakan PKK Sumatera Barat akan menilai Nagari Pakan Rabaa, KPDG, Solok Selatan, Rabu (18/5/2022) ini.


Nagari Pakan Rabaa terpilih mewakili Solok Selatan dalam Lomba Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.


Segala persiapan telah dilakukan, termasuk melakukan monitoring dan pembinaan oleh TP-PKK Kabupaten Solok Selatan untuk masing-masing Pokja sesuai dengan 10 program Pokok PKK. 


Dalam menjalankan 10 program pokok PKK, pengurus PKK Nagari Pakan Rabaa dikelompokan dalam empat kelompok kerja dan satu bagian sekretariat.


Bebarapa unggulan gerakan PKK Nagari Pakan Rabaa, antara lain gerakan ekonomi keluarga melalui UP2K, seperti usaha gula tebu, pupuk kompos, jamur jerami dan sebagainya.


Dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat, telah dibentuk rumah singgah dengan nama Rumah Singgah Nusa Indah (PKDRD/ PAAREDI) sejak 2020 lalu. 


Rumah singgah berperan untuk memecahkan masalah-masalah keluarga, seperti perilaku kekerasan dalam rumah tangga, masalah eksploitasi anak, kekerasan mental dan seksual, narkoba, kenakalan remaja dan lainnya. 


Bersama perangkat nagari, jorong, ninik mamak, cadiak pandai, dan semua unsur nagari, keberadaan rumah singgah menjadi solusi memecahkan permasalahan tersebut sebelum masuk keranah hukum.


Selain itu, juga ada keberadaan rumah sehat, rumah pintar dan yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan taman hatinya PKK, untuk keindahan taman nagari. 


Beberapa penghargaan juga diraih Nagari Pakan Rabaa, antara lain penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM, Penghargaan Lingkungan Kantor Nagari terbersih dan sebagainya. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update