Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Sosialisasi TPBIS

Selasa, 31 Mei 2022 | 17:04 WIB Last Updated 2022-05-31T12:53:54Z

Peserta sosialisasi TPBIS digelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam.
 

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, gelar sosialisasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) Selasa, (31/5/2022) di aula utama kantor bupati setempat.


Sosialisasi tersebut diikuti 30 peserta yang terdiri dari walinagari se-Kecamatan Lubuk Basung, KAN, Bamus, pengelola perpustaan dan anggota PKK kabupaten dan kecamatan.


Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan pelayanan serta salah satu upaya dinas terkait kepada masyarakat, yang mana saat ini terlihat minat baca masyarakat yang semakin menurun.


kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Aryati, S.Sos, MM. Tampak hadir Bunda Literasi, Ny. Yenni Andri Warman selaku narasumber dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Roza Linda, SH, MSi.


Pada momen tersebut, Aryati mengatakan program TPBIS ini merupakan program prioritas nasional yang bertujuan memperluas akses informasi melalui penguatan literasi, demi terwujudnya kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.


Dia berharap Pemkab terus berupaya meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan. Terlebih di era teknologi ini, perpustakaan harus mengambil peran menjadi salah satu pusat informasi dan pusat kegiatan masyarakat.


“Perpustakaan terbuka bagi siapa saja dari semua kalangan. Tidak ada batasan bagi masyarakat, agar terwujud masyarakat yang berkeadilan dan dapat menuntaskan kemiskinan informasi,” jelas Aryati.


Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Roza Linda, mengatakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga, kemampuan literasi meningkat yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi. (Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update