Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Buruaan! Masuk Unand Lewat Prestasi, Ini Syarat dan Cara Pendaftaran

Minggu, 15 Mei 2022 | 07:16 WIB Last Updated 2022-05-15T00:17:10Z

Rektorat Unand.


Padang, Rakyatterkini.com - Universitas Andalas (Unand) mulai buka penerimaan mahasiswa dengan jalur seleksi masuk (SIMA) prestasi, kerja sama dan disabilitas.  Jalur ini telah berlangsung 12 Mei-7 Juni mendatang.


Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengungkapkan, jalur SIMA ini terdiri dari berbagai jenis, SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas dan SIMA Internasional.


“Namun yang sudah dibuka pendaftaran, yaitu jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas melalui laman http://pmbm.unand.ac.id ,” ujarnya, Sabtu (14/5/2022) saat meninjau kesiapan pelaksanaan UTBK di kampus Limau Manis didampingi Sekretaris PMB Dr. Syofyan.


SIMA Prestasi bertujuan memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang bakat, minat dan penalaran minimal juara tiga pada perlombaan di tingkat nasional maupun internasional. 


“Ini dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga penyelenggara,” sambungnya.


Kemudian prestasi penalaran lainnya di bidang keagamaan, seperti Hafidz Alquran, minimal hafalan 10 juz dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.


Tahun ini, Universitas Andalas memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki bakat di bidang kepemimpinan seperti Ketua OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara.


“Kelebihan dari jalur ini mahasiswa tidak dibebankan biaya pengembangan institusi (PI) dan level UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua, tetapi khusus jalur hafidz 10 juz dan kepemimpinan masih tetap dikenakan biaya PI,” ungkap Prof. Mansyurdin. 


Selanjutnya, SIMA Kerja Sama yang bertujuan meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang berasal dari daerah 3T serta juga untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dengan latar belakang ekonomi tidak mampu.


“Tahun kemarin ada beberapa pemerintah daerah yang sudah bersedia bekerja sama untuk jalur ini di antaranya Solok Selatan, Dharmasraya dan Kerinci,” ujarnya.


Dikatakannya jalur ini semua biaya pendidikan mahasiswa akan ditanggung pemda masing-masing, baik UKT maupun PI.


Lalu, SIMA Disabilitas, Unand membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas lulusan SMA sederajat yang dibuktikan dengan surat keterangan disabilitas dari rumah sakit pemerintah atau instansi yang berwenang.


“Ketiga jalur ini sudah dibuka pendaftaran hingga 7 Juni mendatang, untuk pengumuman kelulusan akan diumumkan sehari setelah pengumuman hasil SBMPTN pada 24 Juni,” ungkapnya.


Terkait SIMA Akademik disampaikannya pendaftaran akan dibuka pada Juni mendatang, SIMA ini terbagi dua, SIMA Akademik berdasarkan nilai UTBK dan SIMA Akademik berdasarkan Hasil Ujian. 


SIMA akademik berdasarkan hasil ujian pendaftaran yang berlangsung 6–25 Juni 2022, ujiannya di kampus Universitas Andalas pada 27-28 Juni 2022, sedangkan untuk pengumuman hasilnya pada 6 Juli 2022.


Lalu, SIMA Akademik berdasarkan Nilai UTBK pendaftarannya dimulai 28 Juni–13 Juli 2022, jalur ini hanya seleksi berdasarkan nilai UTBK yang hasilnya akan diumumkan pada 17 Juli 2022.


SIMA Internasional sebagai perwujudan program internasionalisasi, Unand menyediakan jalur penerimaan mahasiswa baru bagi warga negara asing dalam skema mandiri, kerjasama, dan beasiswa.


“Bagi calon mahasiswa untuk melihat info resmi terkait PMB ini dapat mengunjunggi laman http://pmb.unand.ac.id,” tutupnya. (*/lk)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update