Notification

×

Iklan

Bolehkah Minum Air Setelah Makan Semangka, Simak di Sini

Selasa, 03 Mei 2022 | 06:43 WIB Last Updated 2022-05-02T23:43:11Z

Ilustrasi.


RAKYATTERKINI.COM - Banyak yang menyebut usai makan semangka tak boleh minum air karena berefek buruk pada kesehatan. Benarkah?


Semangka bisa jadi buah untuk menghilangkan dahaga karena mengandung banyak air. Tapi ada mitos yang menyebutkan kalau tak boleh minum air setelah makan semangka.


Musim panas menjadi puncak masa panen buah semangka. Buah berdaging merah ini punya kualitas yang bagus saat musim panas tiba. 


Semangka punya rasa manis dan mengandung banyak air, sehingga orang akan memilih makan semangka untuk mengusir rasa haus.


Sebanyak 91-92% dari bobot semangka adalah air jadi buah satu ini cocok dijadikan santapan untuk mencegah dehidrasi. Tapi ternyata ada isu yang beredar di masyarakat bahwa setelah makan semangka dilarang minum air.


Dilansir dari Times of India, dan dikutip dari detik.com, semangka bisa jadi pilihan buah untuk menghidrasi tubuh saat cuaca sedang panas terik. Semangka juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, vitamin C, serat hingga kalsium yang dibutuhkan tubuh.


Semangka juga mengandung Lycopene dalam jumlah banyak. Zat ini adalah antioksidan yang memberikan warna merah pada semangka yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Antioksidan ini membantu detoksifikasi dengan mencegah masuknya radikal bebas yang berpotensi merusak sel tubuh.


Buah semangka juga diperkaya dengan kandungan tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin dan betaine. Semua nutrisi ini dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.


Namun kandungan air yang banyak dalam semangka membuat orang tidak disarankan untuk minum air setelah makan semangka. Ini bukan mitos belaka, namun beberapa ahli gizi menyarankan demikian.


Semangka sudah mengandung banyak air dan jika kamu minum air lagi usai makan semangka maka akan menyebabkan efek kembung. Bahkan cairan yang diasup terlalu banyak ini juga dapat membuat cairan dalam pencernaan terlalu banyak.


Ini dapat mengganggu proses pencernaan, bahkan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Beberapa orang akan merasa tidak nyaman setelah minum air usai makan semangka.


Jadi lebih baik menghindari minum air untuk beberapa waktu setelah makan semangka. Orang dengan masalah perut sensitif harus menghindari air setidaknya selama 40-45 menit setelah mengonsumsi semangka. 


Agar lebih aman, minumlah air setidaknya 20-30 menit setelah makan semangka. Jika kamu merasa terlalu haus, bisa minum satu atau dua teguk air tetapi jangan meneguk segelas penuh air setelah makan semangka. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update