Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

TSR Pdg.Pariaman Kunjungi Musala Ampalu Jaya, Tokoh Masyarakat Berikan Apresiasi

Selasa, 12 April 2022 | 14:30 WIB Last Updated 2022-04-16T01:58:21Z

Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemkab Padang Pariaman menyerahkan Alquran diterima walinagari III Koto Aurmalintang Utara, Amri Besman.


Padang Laring, Rakyatterkini.com - Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemkab Padang Pariaman, yang dipimpin Bupati Suhatri Bur mengunjungi masjid dan musala.


Di Padang Lariang, Kenagarian III Koto Aurmalintang Utara, Kabupaten Padang Pariaman, TSR Padang Pariaman, Jumat 8 April 2022, mengunjungi Musala Ampalu Jaya, yang berada di Korong Padang Lariang Timur.


Dalam safari ramadhan itu, bupati Suhatri Bur diwakili Kepala Dinas Catatan Sipil, Muhammad Fadli, beserta jajarannya, mengunjungi Musala Ampalu Jaya.


Dihadiri camat IV Koto Aur Malintang, Juisman, Walinagari Amri Besman, ninik mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang, pemuda/i dan masyarakat Korong Padang Lariang Timur.


Di hadapan jemaah, Kadis Catatan Sipil menyampaikan permohonan maaf bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur yang tidak bisa langsung datang ke Padang Lariang.


Namun, bupati menitipkan pesan pada masyarakat Padang Laring agar meningkatkan iman dan ibadah puasa yang penuh berkah, terutama di malam Lailatur Qadar.


"Tetaplah mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker dimanapun berada, "ujar Kadis.


Tokoh masyarakat III Koto Aurmalintang Utara, Isnin Meinir Dt. Majo Basa, dampingi ketua TSR Pemkab Padang Pariaman.

Dikatakan, dalam pembagunan nagari, diharapkan membangun dan meningkatkan budaya gotong royong, terutama dalam menjaga kebersihan jalan di nagari, sebab dana pembangunan terbatas di Pemkab Padang Pariaman.


Begitu juga tentang update data kependudukan, bila jumlah keluarga bertambah agar melaporkan dan melakukan perubahan data.


Diceritakan, pelaksanaan nagari go digital yaitu data dari nagari diverifikasi ke catatan sipil. Kemudian setelah datanya lengkap dan benar, dikirim kembali ke nagari sambil menunggu percetakan KTP.


Warga pindah antar daerah mutasi penduduk masuk dan keluar antar daerah dapat dilakukan perpindahan KTP secara online antar daerah kabupaten dan propinsi .


"Bila KTP hilang laporkan ke nagari dengan surat keterangan kehilangan dari polisi, sehingga KTP bisa dikeluarkan catatan sipil, "ujar Juisman.


Tokoh masyarakat Padang Lariang, Isnin Meinir Dt. Majo Basa itu, menyambut baik dan memberikan apresiasi pada Pemkab Padang Pariaman, yang telah memasukan Padang Lariang dalam jadwal atau kalender Tim Safari Ramadhan.


Diharapkan, untuk ke depannya masjid atau musala yang ada di Padang Lariang agar tetap dimasukan dalam kalender Tim Safari Ramadhan.


"Kita mengharapkan tahun depan, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman kembali ke Padang Lariang," ujar Datuak Majo Basa itu.


Begitu juga tentang pembangunan Padang Lariang, juga jadi perhatian oleh Pemkab Padang Pariaman.


Padang Lariang yang berbatasan langsung dengan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, sangat memerlukan perhatian dari Pemkab Padang Pariaman. Sebab, wilayah itu berpotensi untuk dikembangkan,  baik di sektor pertanian maupun pertambangan.


Tim Ramadhan yang dipimpin Kadis Catatan Sipil itu, juga menyerahkan bantuan Rp5 juta untuk pembangunan Musala Ampalu Jaya dan 5 Alquran.


Acara berakhir diisi dengan ceramah ramadhan, yang disampaikan Ustad Yusuf, dengan judul tanda orang Islam menjalankan 5 macam rukun Islam, yaitu membaca dua khlimah syahadat, shalat 5 kali sehari semalam, berpauasa di bulan ramadhan, melaksanakan zakat dan firah, dan naik haji bagi yang sanggup. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update