Notification

×

Iklan

Sambut Wisatawan dan Perantau, Sawahlunto Benahi Destinasi Wisata

Sabtu, 23 April 2022 | 16:05 WIB Last Updated 2022-04-23T14:45:37Z

Wako Deri Asta.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Laksanakan rapat koordinasi  dilanjutkan peninjauan lapangan untuk mempersiapkan objek-objek wisata di Kota Sawahlunto, terutama dalam menyambut liburan Idul Fitri 1443 H.


Walikota Sawahlunto Deri Asta, Jumat 22 April 2022, mengatakan pihaknya berupaya menciptakan objek wisata yang aman, nyaman dan menarik bagi wisatawan pada momen libur lebaran nanti.


"Kami memprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung nanti. Sebab, dua tahun berturut-turut objek wisata kita ditutup sekaitan pandemi Covid-19. Sekarang mulai dibuka kembali. Ditambah dengan masa libur lebaran yang cukup lama dan diizinkannya masyarakat untuk mudik, itu akan menambah wisatawan," ujar Deri Asta.


Sekaitan dengan itu, kata Wako, setelah rapat koordinasi persiapan lebaran bersama Forkopimda dan instansi terkait yang juga membahas kesiapan dari sisi pariwisata, langsung ditindaklanjuti dengan peninjauan lapangan ke tiga objek yaitu Taman Satwa Kandi, Puncak Cemara dan Water Boom.


"Selain memantau kelayakan sarana dan prasarana untuk keamanan (safety) dan kenyamanan pengunjung di objek wisata, kita juga memantau kesiapan penerapan protokol kesehatan (prokes)," kata Walikota Deri Asta.


Ia mengatakan terkait masih dalam pandemi Covid-19, maka untuk pengunjung ke objek wisata harus menerapkan prokes dan dicek apakah sudah divaksin atau belum.


"Sesuai arahan dari pemerintah pusat, bagi wisatawan yang akan masuk objek namun belum divaksin, itu kita siapkan pos untuk pelayanan vaksinasi. Kecuali kalau yang bersangkutan memang secara medis tidak direkomendasikan untuk divaksin, karena alasan kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter atau rumah sakit," ucapnya.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sawahlunto, Nova Erizon mengatakan, pihaknya juga menurunkan tim teknis untuk mengkaji pembenahan atau peningkatan apa yang perlu dilakukan pada objek dalam menghadapi momen libur lebaran itu.


"Kita sudah siapkan skema-skema untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Sampai pada antisipasi persoalan parkir, termasuk juga kita rencanakan penambahan personel sementara yang diturunkan pada saat libur tersebut, untuk menambah kekuatan pelayanan," kata Nova. (Hms/Ris1))



IKLAN



×
Berita Terbaru Update