Notification

×

Iklan

Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan DEA, Bupati Eka: Pemkab Mendukung Sekali

Selasa, 19 April 2022 | 13:49 WIB Last Updated 2022-04-19T15:55:57Z

Bupati bersama peserta UMKM Foto bersama.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Sedikitnya, 110 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Tanah Datar, dari berbagai sektor usaha mengikuti pelatihan Digital Entrepreueurship Academy (DEA) yang digelar di Hotel Emersia,  Batusangkar selama 2 hari yakni, 19-20 April 2022.


Hadir dalam kegiatan itu Bupati Eka Putra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Yusrizal, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, dan Kepala Dinas Perindag Kabupaten Tanah Datar, Hendra Setiyawan


Pelatihan DEA merupakan kali kedua dilaksanakan di Tanah Datar. Ini merupakan kerjasama pemerintahan kabupaten  dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan.


Bupati Tanah Datar menyambut baik pelaksanaan kegiatan Digital DEA kepada pelaku usaha UMKM di Tanah Datar.


Dikatakannya, UMKM menjadi salah satu sektor penting bagi ekonomi, bahkan di seluruh penjuru dunia saat ini. Namun masih sedikit yang masuk dalam ekosistem ekonomi digital.


Menurutnya, pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat mendukung program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan, guna mengembangkan ekonomi UMKM berbasis teknologi digital.


“Saat ini digital enterpreneur menandai perkembangan teknologi informasi digital yang sangat pesat, termasuk juga dalam dunia usaha kecil menengah dan mikro dituntut untuk memiliki keterampilan berbasis digital. Bukan hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia saat ini melakukan hal yang sama,” katanya.


“Saya berharap terkhusus pelaku usaha UMKM, agar memanfaatkan kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, UMKM Tanah Datar bisa maju dan sejahtera serta meningkatkan ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.


Bupati mengatakan akan memantau perkembangan hasil dari pelatihan nantinya, sehingga ekosistem pengembangan SDM Tanah Datar berjalan dengan baik


Kepala BBPSDMP Kominfo Medan melalui Parluhutan Siregar menyampaikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam beberapa tahun terakhir sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur komunikasi dan melakukan peningkatan literasi digital.


Program pelatihan DEA yang digelar saat ini sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi, internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi.


“UKM itu sangatlah kuat. Dari mikro menjadi makro ekonomi. Nah dengan keterampilan basis teknologi kita bisa mengembangkan usaha. Karena, sudah bisa memasarkan produk kita kepada konsumen selama 24 jam tanpa harus ditunggui dengan adanya digital marketing,” terang Ibrar.


“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang dan maju. Salah satunya melalui digital marketing. Memudahkan pelaku UMKM yang ada saat ini bisa go-online,” ujarnya.


Sekretaris Dinas Perindag  Tanah Datar mengatakan, pihaknya juga membantu UMKM untuk membuat profil usaha yang nantinya bisa masuk ke marketplace.


Profil usaha yang dimaksud dalam hal ini adalah bagaimana mengemas deskripsi detail produk untuk menarik minat konsumen.


“Menguatkan ekosistem digital dibutuhkan sinergi dan inovasi inovasi kreatif dan tentunya peningkatan SDM dan pengetahuan tentang literasi keuangan,” tukasnya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update