Notification

×

Iklan

Lebaran, Stok Daging Kurang, Gubernur Harapkan Bulog Tambah Suplai Hingga Harga Terjangkau

Kamis, 28 April 2022 | 19:57 WIB Last Updated 2022-04-28T12:57:08Z

Gubernur pantau stok daging di Bukittinggi.
 

Bukittinggi, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersama rombongan melakukan peninjauan pasar untuk melihat ketersediaan 9 bahan pokok dan juga memastikan harga terjangkau masyarakat dalam menyambut Lebaran Idul Fitri 1443/ Hijriyah Tahun 2022 di Sumatera Barat. 


"Harga daging sapi Rp140 ribu, ternyata barusan kita cek langsung ke pedagang mereka juga merasa tidak nyaman ketika mereka menjual dengan harga mahal. Pedagang pasar maunya harga harus di bawah itu, rata-rata Rp100 ribu hingga Rp120 ribu," ungkap Gubernur Sumbar Mahyeldi usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bawah Bukittinggi, Kamis (28/4/2022).


Dikatakan, ini merupakan tugas yang harus dioptimalkan menjelang lebaran ini, bagaimana menambah suplai daging. Sehingga, diharapkan harganya lebih murah dan  terjangkau masyarakat untuk mendapatkan daging membuat rendang dan makanan di Lebaran Idul Fitri 1443 H ini.


"Tentunya dengan ada makanan daging meningkatkan kadar gizi masyarakat akan lebih baik. Ketersediaan dan suplai daging agar ditindaklanjuti oleh dinas terkait, sehingga harga bisa ditekan agar daging ini bisa lebih memurah dan lebih terjangkau oleh masyarakat," ujar Mahyeldi.


Ia memperkirakan ada 2 juta hingga 3 juta perantau Minang yang akan pulang kampung. Maka stok daging penting ada. Karena suplai ternak sapi harus banyak lagi di Sumbar. 


"Karena tadi saya mendengar langsung dari masyarakat dalam satu rumah ada empat orang yang pulang kampung tahun ini, ada anak-anak, menantu dan cucu juga ikut pulang," sebutnya usai dengar langsung ungkapan masyarakat.


Menurut gubernur sangat wajar ada keluhan harga makan murah,  karena di Ranah Minang ini disaat Lebaran tidak lengkap rasanya kalau tidak ada makanan randang. 


"Makanya hari ini kita memastikan itu untuk mengupayakan semoga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Insya Allah, kami juga sudah kontak Bulog bagaimana memastikan tambahan daging untuk Sumbar. Tadi juga sudah kami hubungi Gubernur Jambi untuk bisa berbagi kebutuhan daging kita yang ada di sini," tuturnya.


Selain itu, untuk kebutuhan harga bahan pangan mulai, beras, gula, cabai, minyak dan kebutuhan pokok lainnya. Ia mengatakan cukup. Kemudian sudah dicek telur juga tersedia. 


"Mudah-mudahan, di hari depan di pasar sudah dipenuhi. Kami minta segera Bulog agar dapat percepat juga kami minta perhubungan sehingga pengiriman barang pangan ke Sumatera Barat aman dan lancar," tuturnya. (rel)





IKLAN



×
Berita Terbaru Update