Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jalin Kebersamaan, IKAPS Gelar Buka Puasa Bersama

Kamis, 14 April 2022 | 09:20 WIB Last Updated 2022-04-14T02:20:08Z

IKAPS buka puasa bersama.


Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Kekompakan dan kebersamaan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Sungai Limau (IKAPS) pimpinan Jayanis, semakin membaik.


Itu terbukti dengan dilaksanakan buka puasa bersama oleh Ketua Umum IKAPS, Rabu (13/4) di rumah makan, Simpang Toboh, Kecamatan Kampung Dalam, Padang Pariaman, dihadiri puluhan pengurus, guru Tafiz, dan segenap anggota IKAPS.


Bulan Ramadhan identik dengan tradisi buka bersama atau lebih dikenal dengan kata bukber. Tradisi bukber memang selalu dilakukan setiap bulan Ramadhan tiba. Hadirnya tradisi buka puasa bersama ini menjadikan Ramadhan lebih indah dan bermakna.


Bukber bukan hanya suatu aktivitas yang dilakukan bersama sama, tetapi memiliki makna yang dapat menambahkan keimanan kita dan lebih menjaga kesatuan sebagai sesama umat Islam.


Selain itu, buka puasa di bulan Ramadhan menjadikan kita lebih menjaga tali silaturahmi antara sesama serta memperkuat ukhuwah islamiah.


Beragam ajakan buka bersama mulai dari teman SD, SMP, SMA, hingga kaum ibu ibu pun ikut melakukan acara bukber.


Ketua Umum IKAPS Jayanis, berharap, momentum buka puasa bersama pengurus, guru Tafiz, dan anggota ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan terus menjalin tali persaudaraan serta memperkokoh persatuan dalam bingkai “Baldatun Thoyyibatun wa rabbhun ghaffur”


Acara buka puasa ini membuktikan IKAPS sangat solid dan ada rasa kekompakan serta kebersamaan yang tinggi di bawah kepemimpinan Jayanis.


Acara tersebut dalam susana keakraban dan penuh kekompakan itu juga dihaidiri para sesepuh IKAPS Amir Azli.


Dalam hadis riwayat Abu Dawud mengenai percakapan Nabi Muhammad SAW dengan para sahabat menjelaskan tentang keberkahan makan bersama-sama. Dalam hadis diriwayatkan para sahabat bertanya, “mengapa makan tidak kenyang?’


Rasulullah pun balik bertanya, “Apa kalian makan sendiri-sendiri?’ Para sahabat menjawab, ‘iya”. Rasulullah lalu menyarankan para sahabat untuk makan bersama. “Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua”. (suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update