Notification

×

Iklan

Baznas Sawahlunto Salurkan Zakat Rp1,1 Miliar Hingga April 2022

Kamis, 21 April 2022 | 22:30 WIB Last Updated 2022-04-21T15:30:03Z

Ketua Baznas Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto, sejak Januari sampai April 2022 ini, telah menyalurkan zakat senilai Rp1,1 miliar lebih kepada 531 orang mustahiq.


Ketua Baznas Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi, Kamis 21 April 2022, mengemukakan, zakat yang telah disalurkan itu, selain untuk program reguler yaitu enam kategori penerima, sekarang ditambah dengan program terbaru yaitu membayarkan premi BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga keagamaan.


"Untuk enam kategori mustahiq penerima zakat yang telah kita salurkan selama ini adalah untuk biaya pendidikan, modal usaha, jompo/lansia, biaya berobat, bedah rumah tidak layak huni dan bantuan masuk listrik untuk keluarga pra-sejahtera. Di luar itu ada yang bersifat insidentil yaitu untuk korban bencana yang memenuhi kriteria sebagai mustahiq," kata Edrizon.


Sementara untuk membayarkan premi BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga keagamaan, dirinci oleh Edrizon yaitu sebesar Rp97 juta dengan jumlah tenaga keagamaan yang dibayarkan sebanyak 603 orang.


"Kalau berbicara tentang target pada 2022 ini, untuk pengumpulan zakat targetnya Rp5,1 miliar. Sementara penyaluran Rp4,5 miliar. Sampai April sudah terkumpul Rp600 juta dan tersalurkan Rp1,1 miliar. Jadi, kita optimis nanti bisa mencapai target," tutur Edrizon lagi.


Edrizon menyebutkan, jika dibandingkan pada tahun 2020 dan 2021, Baznas Sawahlunto sudah mampu untuk selalu mencapai pengumpulan dan penyaluran di atas target.


"Kita ambil contoh pada 2021, itu pengumpulan tumbuh 59 persen, sebesar Rp4,5 miliar, sementara target hanya Rp4,1 miliar. Kemudian untuk penyaluran tumbuh 48 persen sebesar Rp4,2 miliar. Sedangkan, target hanya Rp3,5 miliar," ujar Edrizon merinci.


Kinerja Baznas Kota Sawahlunto dalam pengumpulan dan penyaluran zakat itu diapresiasi Walikota Sawahlunto, Deri Asta sembari menyatakan Pemko Sawahlunto, telah berkomitmen dan telah menunjukkan bukti nyata dukungan penuh pada lembaga amil zakat negara tersebut.


"Selain dari kebijakan dan program terkait, dukungan pada Baznas yang penting itu adalah membayarkan zakat di Baznas tersebut. Selain mengajak para muzakki (wajib zakat) untuk berzakat, kami selaku kepala daerah dan jajaran pegawai di Pemko Sawahlunto memulai itu dengan memotong gaji dan tunjangan  untuk membayar zakat melalui Baznas," kata Walikota Deri Asta.


Ditambahkan, dalam rangka optimalisasi pengumpulan dan penyaluran zakat, Pemko Sawahlunto juga memfasilitasi Baznas bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sawahlunto.


"Intinya sinergitas dengan Baznas terus ditingkatkan, karena selain sebagai  kewajiban dalam agama bagi para muzakki, untuk mustahiq zakat ini sangat membantu dalam menurunkan angka kemiskinan dan menumbuhkan kesejahteraan umat," kata Walikota Deri seraya menambahkan, untuk partisipasi dalam mendukung Baznas, terima kasih kepada BUMN, BUMD dan pelaku usaha lainnya di Kota Sawahlunto yang telah mulai membayarkan zakatnya pada Baznas. (Hms/Ris1))




IKLAN



×
Berita Terbaru Update