Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bahayakah Tahan Pipis pada Waktu Lama saat Mudik? Ini Kata Dokter

Sabtu, 30 April 2022 | 17:16 WIB Last Updated 2022-04-30T23:30:08Z

Ilustrasi
 

Jakarta, Rakyatterkini.com - Mudik menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada saat hari besar, seperti lebaran. Salah satu hal yang tak bisa dihindari saat mudik adalah kemacetan luar biasa di sejumlah jalan, Akibatnya, banyak pemudik yang mungkin menahan buang air kecil dan besar.


Belum lagi jika rest area dan tempat dituju masih jauh, sehingga memungkinkan pemudik menahan pipis dan buang air besar cukup lama. Apakah berbahaya jika hal ini dilakukan?


Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia, Prof Zubairi Djoerban, mengungkapkan apabila menunda sesekali tidak akan mengancam kesehatan. Namun, akan jadi berbahaya apabila terlalu sering mengabaikan keinginan pipis dan menjadi kebiasaan.


"Menunda sesekali tidak akan mengancam kesehatan. Akan jadi berbahaya ketika terlalu sering mengabaikan keinginan pipis dan menjadi kebiasaan," tuturnya seperti dikutip dari detik.com.


Pasalnya, apabila seseorang sering mengabaikan keinginan pipis bisa berpotensi memicu bakteri berkembang biak, yang menyebabkan infeksi saluran kandung kemih (ISK). Juga, Prof Zubairi mengingatkan apabila seseorang menahan pipis selama 10 jam lebih kemungkinan akan mengalami retensi urine, artinya otot-otot di kandung kemih tidak dapat rileks dan jadi susah pipis.


Apa yang harus dilakukan untuk membantu saat menahan pipis?


Hal yang harus dilakukan saat menahan pipis adalah jaga agar punggung tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih dan upayakan suhu mobil tidak terlalu dingin. Selain itu, upayakan juga jangan sampai bersin dan tertawa berlebihan.


"Jaga agar punggung tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih dan upayakan suhu mobil tidak terlalu dingin. Upayakan juga jangan sampai bersin dan tertawa berlebihan," lanjutnya.


Bila sudah darurat dan situasinya terjebak macet, pipis saja di dalam botol. Lebih baik lagi jika sudah menyiapkan kantong pipis.


Berapa lama seseorang dapat menahan pipis dengan aman?


Tiap orang bervariasi dan tidak bisa disamakan. Pasalnya, ini didasari seberapa banyak dan jenis minuman apa yang dikonsumsi. Biasanya dorongan pipis lebih sering terjadi jika seseorang kerap minum kopi dan teh.(*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update