Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Adpim Maluku Utara Study Tiru ke Sumbar, Tantangan, Tuntutan Pelayanan Pimpinan Semakin Besar

Senin, 18 April 2022 | 18:15 WIB Last Updated 2022-04-18T11:15:57Z

Kabag Perencanaan Adpim Setdaprov Sumbar, Armiza Gusman menyerahan cenderamata kepada Kepala Biro Adpim Maluku Utara, Rahwan K Suamba.

Padang, Rakyatterkini.com - Pelaksanaan tugas-tugas Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar sesuai aturan permendagri 56/2019, belum lagi maksimal sebagaimana yang diharapkan. Masih banyak sana-sini butuh penyempurnaan sistem operasional kegiatan sesuai tupoksi. 


Namun segala bentuk penyiapan sarana prasarana, berbagai aturan, dukungan surat administrasi kegiatan secara perlahan-lahan telah membuat beberapa inovasi dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik, menjaga image citra dan branding pimpinan terus berproses.


Itu disampaikan Kepala Biro Admimistrasi Pimpinan (Adpim) Sekdaprov Sumbar, diwakili Kabag Materi Komunikasi Pimpinan (Makopim) Zardi Syahrir, dalam dialog pertemuan kunjungan study banding rombongan Kepala Biro Adpim Setdaprov Maluku Utara, Senin (19/4/2022).


Zardi juga katakan, tantangan, tuntutan dan kebutuhan terhadap pelayanan pimpinan semakin besar, dimana kepentingan publik untuk mengetahui kegiatan pimpinan menjadi hak publik dan bagian tak terpisahkan pemberdayaan masyarakat guna memajukan pembangunan daerah. 


"Beberapa kegiatan yang dilakukan selama ini membuat surat edaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyamakan persepsi dan dukungan pentingnya soal bahan materi pimpinan, dokumentasi pimpinan, komunikasi pimpinan serta juga bimtek terhadap pengembangan sumberdaya manusianya dilingkup kabupaten-kota," ungkapnya.  


Dia juga menegaskan yang terpenting dalam konsep penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai UU No 23 tahun 2014, pelayanan penyebarluasan informasi kegiatan pimpinan daerah, branding program pimpinan dan menjaga image citra pimpinan bagian tak terpisahkan dari menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Pelaksanaan tugas-tugas pokok biro keadministrasian pimpinan, bagian perencanaan dan kepegawaian, bagian makopim dan bagian protokol, sesuai aturan-aturan dan standar-standar baku walaupun ada beberapa bagian dapat berinovasi sesuai budaya, adat istiadat masing-masing daerah dalam keragaman budaya nusantara. Upaya meningkatkan daya saing daerah dalam kemasan menarik informasi pembangunan daerah tentunya menunjukan Indonesia terus tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju," katanya. 


Diceritakan, beberapa inovasi sesuai kondisi kemajuan zaman, Biro Adpim Sumbar, ada kegiatan komunikasi pimpinan Ngobras, analis isu dan informasi sebagai bahan pemyiapa  materi pimpinan dan pengelolaan medsos. 


"Kemudian hal baru adalah penyusunan perencanaan setda yang nanti juga ada singkronisasi setdakan/ko se Sumatera Barat, ada forum koordinasi dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Bersama pimpinan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pimpinan demi mendorong kemajuan daerah," pungkasnya.    


Sementara itu Kepala Biro Adpim Setdaprov Maluku Utara Rahwan K. Suamba, menyampaikan semenjak dilantik, pelaksanaan tugas pokok biro Adpim di Provinsi Maluku Utara masih banyak kendala dan rintangan dalam menciptakan layanan terbaik bagi pimpinan. 


"Kami cek google provinsi-provinsi yang bisa dijadikan referensi kemajuan pelayanan Biro Adpim sesuai aturan permendagri 56/2019. Sumbar kami pilih sebagai tempat tujuan study banding, karena Sumbar satu provinsi terinovasi di Indonesia. Dan terbukti beberapa penguatan kegiatan biro Adpim Sumbar dapat menjadi referensi bagi kami di Maluku Utara," ujarnya senang.


Rahwa K juga menambahkan, melihat hampir pelaksanaan tugas Biro Adpim di berbagai daerah masih baru mesti terus berbenah diri, termasuk kami di Maluku Utara provisi wilayah kepulauan Indonesia bagian Timur, walau anggaran kami masih sangat terbatas.


"Kami ingin kunjungan silaturrahmi ini dapat terus terjalin, jika ada perkembangan inovasi-inovasi dan pengembangan tugas-tugas Biro Adpim di Sumbar dapat berkabar juga. Sehingga kita bisa sama-sama berkontribusi mendorong kemajuan daerah masing-masing," harapnya.


Hadir juga dalam pertemuan tersebut Kabag perencaaan dan Kepegawaian Biro Adpim Sumbar, Armiz Gusman, Kabag Protokol Adpim Malut KRNS Lestari, dan beberapa subag di lingkungan Adpim Sumbar dan Malut. (rel)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update