Notification

×

Iklan

Terkait APBDes, 2 Desa di Kuansing Bakal Diaudit Khusus Inspektorat

Minggu, 20 Maret 2022 | 10:37 WIB Last Updated 2022-03-20T03:37:56Z

Iwan Susandra.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Inspektorat Kabupaten Kuansing, Riau, akan melakukan pemeriksaan khusus (riksus) terhadap pengelolaan APBDes Desa Sitorajo, Kecamatan Kuantan Tengah dan Desa Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir.


Inspektur Pembantu (Irban) II pada Inspektorat Kuansing, Iwan Susandra, kepada Rakyatterkini.com baru-baru ini di kantornya mengatakan, itu dilakukan pihaknya atas permintaan Dinas Sosial PMD dan Polres Kuansing yang menduga adanya ketidaksesuaian realisasi APBDes.


Dijelaskan, audit khusus permintaan Polres terhadap Desa Beringin Jaya itu, nantinya Inspektorat akan mengaudit APBDes tiga tahun anggaran yakni 2018, 2019 dan 2020. Sementara untuk Desa Sitorajo yang merupakan permintaan Dinas Sosial PMD yaitu terkait APBDes 2021.


"Pemeriksaan khusus terhadap dua desa adalah permintaan dari pihak Polres Kuansing dan Dinas Sosial PMD Kuansing, masing-masing terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), yaitu Desa Beringin Jaya dan Desa Sitorajo'," jelasnya.


Disebutkan Iwan, sebelumnya sebagian dokumen APBDes terkait itu sudah diserahkan pihak tersebut di atas ke Inspektorat, dan dalam pelaksanaan proses pemeriksaan nantinya akan dilakukan penelusuran dan pendalaman pada data dan fakta sebenarnya.


"Namun demikian, untuk pelaksanaan pemeriksaan khusus saat ini menunggu surat perintah dari pimpinan. Dan jika surat perintah sudah terbit baru kita laksanakan," ungkapnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update