Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Mantan Wapres RI Kunjungi Tanah Datar

Sabtu, 19 Maret 2022 | 12:06 WIB Last Updated 2022-03-19T05:06:53Z

Mantan Wapres Jusuf Kalla saat berkunjung ke Tanah Datar.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Wakil Presiden RI periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019, Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Jusuf Kalla, kunjungi Tanah Datar, Jumat (18/3/2022).


Rombongan mengunjungi Sentra Tenun Lintau, di Nagari Tigo Jangko kecamatan Lintau Buo. Selain mengunjungi Sentra Tenun rombongan juga singgah di kediaman Bupati Tanah Datar di Gedung Indojolito Batusangkar.


Kedatangan rombongan disambut Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama isteri didampingi Forkopimda.


Jusuf Kalla dan ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla menyempatkan untuk berbincang langsung dengan para pengrajin tenun dan melihat kerajinan tenun serta songket hasil karya para penenun di sentra tenun Lintau Buo.


Mantan Wapres ini mengimbau agar pihak pemerintah maupun swasta memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di daerah-daerah.


Menurut Jusuf Kalla, instansi pemerintah maupun swasta harus mendukung UMKM, seperti usaha tenunan dengan menjadi user atau pembeli, sekaligus mempromosikan hasil produk dari UMKM tersebut.


“Kita di sini sudah punya tenun, nah instansi pemerintah maupun swasta kan bisa membeli hasil tenun, kemudian dipakai jadi seragam dan saat pertemuan, itukan bisa menjadi promosi juga nanti, ” ujarnya.


Dijelaskan, jika boleh saja pejabat dan petinggi instansi di daerah memakai produk unggulan daerah untuk dipakai dalam pertemuan nasional. 


“Aturan yang harus menyeragamkan itu kan tidak ada, jadi tidak apa-apa, kita memakai produk daerah. Kan boleh berbeda tapi tetap satu juga, ” jelasnya.


Untuk memajukan UMKM di daerah, tentu saja kita yang ada di daerah itu sendiri yang memulai. Oleh karena itu butuh kebersamaan.


Bupati Tanah Datar Eka Putra, menuturkan kedatangan Jusuf Kalla beserta isteri dan rombongan merupakan bentuk dukungan dan motivasi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Tanah Datar khususnya kerajinan tenun dan songket. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update