Notification

×

Iklan

LKAAM Solsel Dilantik, Bupati Berikan Perhatian Besar pada Adat

Kamis, 17 Maret 2022 | 19:25 WIB Last Updated 2022-03-17T12:25:58Z

Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar berikan ucapan selamat pada pengurus LKAAM Solok Selatan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Bupati Solok Selatan, Khairunas menghadiri Pati Ambalau dan Pengukuhan Pengurus LKAAM Solok Selatan, Kamis (17/3/2022).


Bupati menyebutkan, pelantikan LKAAM ini merupakan bagian dari pelestarian seni budaya. Pemkab Solok Selatan akan memberikan perhatian besar terhadap segala kegiatan terkait adat dan budaya. 


Meningkatnya peran lembaga adat, seni dan budaya dalam interaksi sosial masyarakat, melalui penguatan kelembagaan adat seperti penguatan peran tungku tigo sajarangan. 


"Melalui program unggulan dari visi dan misi pemerintah daerah yaitu fasilitasi operasional KAN, kami berharap fungsi LKAAM dapat diperkuat dan menjadi mitra penting pemerintah dalam percepatan pembangunan Solok Sselatan," ujar Khairunas.


Pelantikan pengurus LKAAM Solok Selatan dilakukan Ketua LKKAM Provinsi Sumatera Barat, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati, dimana LKAAM Solok Selatan diketuai oleh Attila Majidi Dt. Sibungsu dengan sekretaris Sudirman Dt. Pagaruyuang.


Fauzi Bahar mengatakan dengan telah dilakukannya Pati Ambalau sekaligus pengukuhan Pengurus LKAAM Solok Selatan, diharapkan tigo tungku sajarangan, yaitu ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai yang mempunyai peranan untuk menjaga anak kemenakan termasuk menyelesaikan silang sengketa, pusako dan sebagainya akan memudahkan semua peranan tersebut. 


"Kita berharap LKAAM Solok Selatan bias bekerjasama dengan bapak Bupati untuk mewujudkan pembangunan Solok Selatan ke depan," tuturnya." (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update