Notification

×

Iklan

Jasman Rizal Dorong Sinergitas OPD antar Daerah

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:26 WIB Last Updated 2022-03-29T08:26:26Z

Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal teken renstra 2021-2026.

Padang, Rakyatterkini.com - Sebagai langkah percepatan sinkronisasi dan sinergitas seluruh perangkat daerah komunikasi dan informatika, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal membuka Forum Sinkronisasi Rencana Strategis (Renstra) 2021-2026, Senin (28/3/2022).


Jasman mengatakan, untuk meningkatkan efektivitas output instansi kominfo di sumatera barat, diperlukan roadmap dan platform perencanaan di setiap program maupun bidang-bidang teknis yang ada. 


Ia juga mendorong agar semua instansi Kominfo di seluruh kabupaten dan kota, maupun provinsi saling mendukung dan bersinergi menjadi satu kesatuan wadah yang mampu menyatukan semua potensi yang ada di Sumbar.


Selain itu, ia menerangkan roadmap ini pun bisa menjadi pedoman bagi kominfo di kabupaten dan kota dalam penyelenggaraan infrastruktur di daerah masing masing. Juga menjadi salah satu upaya untuk dapat secara berkesinambungan, membentuk kebersamaan penyelanggaraan infrakstruktur daerah.


Dalam forum itu diungkapkan, penyusunan rencana kerja setiap perangkat daerah harus memperhatikan program kerja kepala daerah terpilih. 


Kemudian pelaksanaan forum sinkronisasi renstra perangkat daerah tersebut akan diverifikasi oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk  sinkronisasi dokumen renstra dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), mulai dari awal hingga penyempurnaan. 


Lalu, finalisasi rancangan akhir, dan verifikasi kembali  bersama perangkat daerah. Inilah yang kemudian menjadi acuan bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) oleh Bappeda.


Pemerintah provinsi dalam hal ini berperan untuk mengkoordinasi program-program pemerintah kabupaten kota menjadi suatu kesatuan, sehingga sinkronisasi antar daerah sangat diperlukan, agar koordinasi baik dalam penyusunan renstra maupun renja untuk mendukung program-program pemerintah kabupaten dan kota hingga provinsi maupun pusat dapat dilakukan. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update