Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Didukung Pemerintah Desa, BUMDes Berkat Yakin Buka 2 Unit Usaha Baru

Jumat, 18 Maret 2022 | 11:02 WIB Last Updated 2022-03-18T04:02:44Z

Kades Mujiono di Toserba milik BUMDes Berkat Yakin.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Sumber Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau, menerima dana bagi hasil dari usaha BUMDes Berkat Yakin tahun 2021. 


Penyerahan pembagian hasil usaha ini, dilaksanakan pada acara musyawarah pertanggungjawaban tahunan BUMDes (MPTB) tahun buku 2021, di halaman kantor desa setempat, Kamis (17/3/2022).


Pada acara yang dihadiri Camat Singingi Hilir, Risman Ali, Kades Mujiono, Sekdes Hasanuddin, Direktur BUMDes Arif Hidayat,  BPD, Perangkat desa, Bhabinkamtibmas, dan warga setempat itu, juga dilakukan doorprize pembagian hadiah menarik seperti sepeda motor, peralatan elektronik dan banyak lainnya.  


Kades Sumber Jaya, Mujiono, kepada Rakyatterkini.com, mengatakan keuntungan BUMDes yang diberikan kepada Pemerintah dari tahun ketahun terus mengalami kenaikan.


Pada tahun ini, katanya, dari pendapatan hasil usahanya, BUMDes Berkat Yakin mampu memberikan penambahan PADes kepada Pemerintah Desa senilai Rp 19,3 juta atau sepuluh persen dari laba bersih yakni Rp 193,9 juta. 


Adapun usaha yang dijalankan BUMDes Berkat Yakin, antara lain yaitu usaha simpan pinjam, pembiayaan perkreditan barang, BRILink, jual beli tandan buah segar sawit (PB TBS) dan Toserba (BUMDes Mart). 


"Dana bagi hasil laba BUMDes untuk penambahan PADes tahun ini ada peningkatan, yakni sebesar Rp 19,3 juta. Dana sudah dimasukkan oleh bendahara ke rekening desa. Karena memang semua penerimaan desa dimasukkan ke kas desa," ujarnya. 


Mujiono didampingi Sekdes Hasanuddin,  menambahkan, agar usaha BUMDes semakin berkembang, kedepan pihaknya akan merambah unit usaha lain yaitu Pertashop penjualan BBM dan juga pengembangan usaha perdagangan perabotan atau toko meubeler.


"Tahun ini kita akan membuka beberapa unit usaha baru yaitu Pertashop dan toko meubeler. Untuk usaha Pertashop saat ini manajemen BUMDes sedang mengurus perizinan, sementara untuk usaha meubeler nanti kerjasama dengan BUMDes desa tetangga. Kerjasama tujuan untuk perluasan pemasaran," katanya. 


"Pemerintah Desa terus mendorong BUMDes menggali semua pontesi yang ada. Semoga BUMDes Berkat Yakin ini kedepan semakin maju, berkembang dan memberikan manfaat kepada masyarakat dan pemerintahan desa Sumber Jaya," pungkasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update