Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Deklarasi Damai Pilkades, Bupati Sergai: 'Beda Pilihan Biasa, Kekerabatan Harus Dijaga'

Rabu, 16 Maret 2022 | 20:20 WIB Last Updated 2022-03-16T13:29:18Z

 Bupati Sergai Darma Wijaya jadi inspektur upacara deklarasi damai Pilkades serentak 2022.


Sergai, Rakyatterkini.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bertindak sebagai inspektur upacara dalam gelaran deklarasi damai seluruh calon kepala desa.


Dalam kegiatan itu, juga penandatanganan Pakta Integritas Deklarasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Damai di Kabupaten Sergai, Rabu (16/3/2022).


Bupati Sergai menginformasikan jika Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret 2022 mendatang, sebanyak 100 desa di 16 kecamatan dengan total calon kades sebanyak 299 orang.


Jelang Pilkades serentak 2022, seluruh Kades menyatakan dan menandatangani ikrar deklarasi damai, dengan tujuannya untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia,” tutur bupati.


Darma Wijaya menegaskan keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan kerja sama, dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kades, panitia dan pengaman.


Diminta kepada seluruh pihak terkait, dan khususnya para calon kades agar berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kekondusifan wilayah selama tahapan Pilkades serentak berlangsung.


Dirinya mengisahkan, ada beberapa fakta menarik dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat desa tahun ini. Misalnya saja, ia menyebut jika ada rival calon kades yang memiliki hubungan kekerabatan seperti mertua dan menantu, abang dan adik bahkan suami dan istri.


Ia sangat berharap agar hal-hal semacam ini tidak malah menjadikan alasan pemecah hubungan yang sudah terjalin baik sebelumnya.


“Jangan sampai bertengkar dengan tetangga dan saudara sendiri hanya karena berbeda pilihan dan beda dukungan, karena pada dasarnya pilihan itu ada yang menang dan kalah. Beda pilihan juga adalah hal wajar dan sementara saja, sedangkan hubungan kekerabatan merupakan urusan yang lebih penting,” sebutnya lagi.


Selain itu, Bupati mengingatkan jika kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga dirinya mengharapkan agar dalam pelaksanaan Pilkades tetap menerapkan protokol kesehatan supaya tidak terjadi peningkatan jumlah kasus paparan Covid-19 di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.


“Saya minta supaya para Calon Kades yang akan dipilih nanti semuanya sudah divaksin. Mari sukseskan program vaksinasi demi percepatan penanganan pandemi di bumi Sergai,” tandasnya.


Pakta Integritas Deklarasi Pilakdes Damai dibacakan oleh Irfan Nur yang merupakan Calon Kades Desa Sentang, dan Hj. Siti Juni R Nasution yang adalah Calon Kades Lubuk Cemara. (hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update