Notification

×

Iklan

BPBD Pd.Pariaman jadi Percontohan Penanganan Infrastruktur Bencana

Sabtu, 02 April 2022 | 18:01 WIB Last Updated 2022-04-21T10:53:33Z

BPBD Padang Pariaman jadi percontohan.


Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Penanganan Darurat BNPB, menjadikan BPBD Kabupaten Padang Pariaman, sebagai lokasi percontohan kunjungan lapangan. Ini lantaran materi yang disampaikan Kepala BPBD ini sangat serius dengan penanganan sarana prasarana vital/infrastruktur yang terdampak bencana.


Demikian disampaikan Kalaksa Budi Mulya saat menjadi narasumber dalam Knowledge Sharing peningkatan kapasitas Badan Penanggulangan Bencana di Daerah terhadap penanganan sarana prasarana/infrastruktur yang terdampak bencana.


Ia menyebutkan, sebagai dasar bagi BNPB untuk menjadikan BPBD Kabupaten Padang Pariaman sebagai percontohan, karena banyaknya jumlah bantuan yang diterima dari daerah lain. 


"Juga dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban dari seluruh bantuan dana dari BNPB ataupun sumber dana lainnya, tidak ada kendala/permasalahan yang ditemukan,” kata Budi.


Selain itu, hasil audit dari Inspekorat BNPB dan BPK pusat pada Februari 2022 lalu, tidak ada temuan terhadap pertanggungjawaban seluruh bantuan dari BNPB yang diterima BPBD di daerah itu selama ini.


Ia menyebutkan, lokasi yang menjadi sasaran dari kunjungan lapangan di wilayah ini adalah lokasi kegiatan Pengaman Tebing sungai Batang Tapakis Tiram dan lokasi kegiatan penanganan jalan darurat Ujung Gunung – Salisikan.


Kegiatan tersebut adalah bantuan dari BNPB berupa Dana Siap Pakai (DSP) dilanjutkan dengan Dana Hibah Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana tahun 2017/2018. 


Sedangkan untuk kegiatan penanganan jalan darurat Ujung Gunung – Salisikan, dilaksanakan pada Agustus – September 2021 berupa bantuan Dana Siap Pakai  BNPB yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama BNPB,  Lilik Kurniawan saat meresmikan Jembatan Kayu Gadang Sikabu, Lubuk Alung. 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan Kapasitas BPBD dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, terkait penanganan sarana prasarana vital/infrastruktur yang terdampak bencana.


Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 100 orang. Terdiri dari seluruh BPBD provinsi dan kabupaten/kota se-Sumbar ditambah BPBD Provinsi Banten, serta UPT BNPB Regional Sumatera.


Dengan adanya Knowledge Sharing dan tinjau lapangan ini, para peserta memberikan apresiasi kepada BPBD Kabupaten Padang Pariaman. Karena, bagitu banyaknya kegiatan yang telah dilaksanakan, sehubungan sarana prasarana vital/infrastruktur yang terdampak bencana di wilayah ini dari berbagai bantuan dan sumber dana lainnya.(suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update