Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Hari Ini, Resmi Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka

Kamis, 17 Februari 2022 | 17:41 WIB Last Updated 2022-02-17T10:41:43Z

Ilustrasi.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, secara resmi membuka Kartu Prakerja Gelombang 23. Ini tanda dimulainya kembali program itu pada tahun ini. Program insentif bagi pencari kerja dan wiraswasta tersebut, diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.


"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya menyatakan Kartu Prakerja Gelombang 23 resmi di buka. Sekali lagi, selamat mengikuti program Kartu Prakerja, mari melangkah lebih siap dari sekarang," kata Airlangga dalam konferensi pers, Kamis (17/2/2022) seperti dikutip CNN.


Airlangga menyebut, gelombang kali ini akan membuka kuota peserta hingga 500 ribu orang dan akan memprioritaskan sejumlah daerah, agar mendapat kuota peserta. Hal ini dilakukan guna mencapai tujuan pemerintah untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di 220 kabupaten dan kota.


Kartu Prakerja sejak dirilis April 2020 telah menerima 11,4 juta peserta dalam 22 gelombang. Lebih lanjut, sebagian besar peserta mengaku belum pernah mengikuti pelatihan dan Kartu Prakerja menjadi yang pertama kali diikuti.


"Sebanyak 87 persen penerima belum pernah mengikuti pelatihan dan mereka mendapat pelatihan secara daring dengan Prakerja. Feedback-nya, peserta memberikan skor 4,9 dari 5, itu artinya Kartu Prakerja sudah sesuai dengan minat, kebutuhan dan harapan peserta," ujarnya.


Ia mengklaim Kartu Prakerja memiliki dampak yang positif bagi produktivitas dan pendapatan peserta. Program tersebut juga dinilai dapat mendorong ketahanan pangan, finansial, dan inklusi keuangan di tengah masyarakat.


Airlangga mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja dapat diakses melalui www.prakerja.go.id dan ia turut mengimbau kepada seluruh peserta yang nantinya terpilih untuk sesegera mungkin memilih pelatihan yang ingin diikuti. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update