Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Banyak Kesamaan, Gubernur Sumbar Perkuat Kerjasama dengan India

Jumat, 18 Februari 2022 | 16:13 WIB Last Updated 2022-02-18T09:13:48Z

Gubernur Mahyeldi salam kompak dengan Konsul Jenderal India.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, ingin memperkuat kerjasama diberbagai bidang dengan pemerintah India yang selama ini telah terjalin baik. Antara lain, melanjutkan kerjasama sister city dengan Kota Chennai, Ibukota Negara Bagian Tamil Nadu, ketika Mahyeldi masih menjabat Walikota Padang.


Hal itu terungkap saat gubernur menerima kunjungan Konsul Jenderal India, Subham Singh, di ruang tamu Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Jumat (18/2/2022).


Dalam pertemuan itu, Konjen dan gubernur membahas berbagai hubungan kerjasama antara Sumbar dengan India, yang selama ini telah terjalin baik, bisa lebih ditingkatkan. 


Gubernur menyambut baik kehadiran Konjen India dalam rangka penguatan kerjasama. Mahyeldi juga ingin memperkuat hubungan yang terjalin baik dan ditingkatkan menjadi sister province dengan Tamil Nadu.


Subham Singh sangat setuju dengan keinginan gubernur dan mengungkapkan, peluang kerjasama antara Provinsi Sumbar dengan Tamil Nadu sangat besar karena jarak yang dekat, dan sama-sama berada di kawasan Pesisir Pantai. Apalagi, Gubernur Mahyeldi sudah pernah berkunjung dan menjalin kerjasama dengan Chennai, Ibukota Tamil Nadu.


"Saya sangat senang sekali jika gubernur berkeinginan melanjutkan kerjasama ini. Tamil Nadu saat ini sedang giat melakukan pengembangan pariwisata dan perdagangan. Antara Sumatera Barat dengan Tamil Nadu juga banyak kesamaan, dan menurut saya komunitas India yang ada di Sumatera banyak berasal dari Tamil Nadu," ujar Subham Singh.


Konjen Subham juga menyinggung ekspor rempah dari Sumbar ke India yang sangat besar artinya bagi India. Ia juga mengapresiasi pembangunan infrastruktur di Sumbar, dan meminta agar gubernur juga bisa mengajak investor dari India untuk bisa ikut berinvestasi di Sumbar.


Buya Mahyeldi merespon permintaan tersebut dan meminta kepala OPD terkait untuk segera menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan agar investasi dari India bisa hadir di Sumbar.


"Insya Allah, kita akan segera siapkan. Dulu kita juga sudah presentasi di Chennai dan kita melihat India memang sangat maju dalam berbagai hal, terutama di sektor teknologi informasi, dan pengobatan medis," ujar Mahyeldi.


Gubernur juga mengundang industri film India yang sudah ternama, supaya bisa menjalin kerjasama dengan cineas cineas muda Ranah Minang dan melakukan syuting film di Sumbar.


Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Subham sekaligus mengundang Gubernur Mahyeldi sebagai tamu kehormatan pada peringatan kemerdekaan India Agustus mendatang di Konsulat Jenderal India, di Medan.


Turut hadir mendampingi gubernur dalam pertemuan, diantaranya Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kepala Balitbangda Reti Wafda, Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda, dan Kabiro Pemerintahan Doni Rahmat Samulo. (yas)




IKLAN



×
Berita Terbaru Update