Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sah! Musalla Nurul Ihsan Sungai Sirah Surantih Jadi Masjid

Jumat, 21 Januari 2022 | 22:41 WIB Last Updated 2022-01-21T15:41:59Z

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat peresmian musala jadi masjid.

Painan, Rakyatterkini.com - Musalla Nurul Ihsan, di Basung Harapan Kampung Sungai Sirah, Kenagarian Surantih, sah beralih status jadi masjid. 


Itu ditandai dengan peresmian dan penandatangan prasasti oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Jumat 21 Januari 2022.


"Alhamdulillah, perjuangan kami selama delapan bulan lebih membuahkan hasil. Terimakasih Pak Bupati dan Kemenag Pesisir Selatan, "kata Ketua Pengurus Masjid, Dt. Marjohan di sela peresmian.


Marjohan mengatakan, butuh perjuangan keras untuk merubah status tersebut. Selain memakan waktu yang panjang, berbagai rintangan ditemui selama proses pengurusan.


Namun, katanya, berkat kerja sama masyarakat, keinginan bersama itu akhirnya terwujud. Pengurus menyadari peralihan status bukan sekadar perubahan nama, melainkan juga peningkatan fungsi-fungsinya di tengah masyarakat.


"Selain pembangunan fisik, tanggungjawab kami sekarang, bagaimana menyemarakkan kegiatan di sini, sehingga pergantian dari musalla menjadi masjid betul-betul mencapai tujuan yang semestinya," kata Marjohan.


Kasi Bimas Kemenag Pesisir Selatan, Firdaus mengatakan, pengusulan peralihan status disampaikan 2021 lalu. Baru dapat diberi rekomendasi 2022 ini karena berbagai pertimbangan.


Nurul Ihsan tercatat sebagai masjid kedua yang diresmikan sejak awal tahun. Minggu lalu, juga diresmikan salah satu masjid di Kecamatan Batang Kapas.


Menurutnya, fungsi masjid saat ini sudah semakin diperluas. Bergeser dari semata-mata tempat ibadah, menjadi kegiatan kemaslahatan lain.


Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, Masjid Nurul Ihsan harus menjadi pusat pembinaan akhlak di Surantih dan Pesisir Selatan pada umumnya. Wujud dasar peralihan status musalla jadi masjid, katanya, lahirnya kesalehan sosial di tengah masyarakat. 


Bupati berharap, semua nilai yang diajarkan dalam masjid, dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai masjid hanya ramai ketika melaksanakan ibadah shalat semata.


Melainkan, lanjutnya, juga ramai oleh kegiatan keagamaan termasuk membuka ruang diskusi persoalan keumatan. "Jadikan masjid sebagai tempat tumbuh semua nilai kebajikan," tuturnya.


Peresmian masjid ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati, peluncuran plang nama, hingga pengguntingan pita. Jumat perdana dilangsungkan, sekaligus makan bersama dengan menyembelih seekor sapi. Malam, dilanjutkan dengan hiburan gambus. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update