Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 27 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.841 21 101.470 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Laporan Keuangan 2021, BUMDes Bina Rakyat Raih Laba Ratusan Juta

Senin, 24 Januari 2022 | 17:25 WIB Last Updated 2022-01-24T10:25:34Z

MPTB Tahun Buku 2021, BUMDes Bina Rakyat Desa Simpang Raya sediakan hadiah grandprize tiga sepeda motor dan ratusan hadiah lainnya.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Rakyat, Desa Simpang Raya, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, Senin 24 Januari 2022, menggelar Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes (MPTB) tahun buku 2021.


MPTB digelar di halaman kantor BUMDes setempat dengan menyediakan hadiah grandprize tiga unit sepeda motor, dan ratusan hadiah lainnya itu.


Dihadiri Plt KaDinsos PMD Kuansing, Camat Singingi Hilir, Forkopimcam, Kades Simpang Raya, pengelola BUMDes desa tetangga, tokoh masyarakat dan seratusan nasabah BUMDes Bina Rakyat.


Direktur BUMDes Bina Rakyat Purwanto, menyampaikan, selain menyusun rencana kerja tahun 2022, tujuan digelarnya MPTB BUMDes ini adalah untuk menyampaikan laporan pengelola terhadap pertanggungjawaban masa pengelolaan dari bulan Januari sampai Desember 2021.


"Alhamdulilah, MPTB 2021 ini kita berhasil mencatat peningkatan laba perkembangannya dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga keberadaan BUMDes Bina Rakyat dapat memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian masyarakat khususnya desa simpang raya, "ujar Purwanto. 


Dikatakan Purwanto, adanya keuntungan BUMDes adalah sebagai misi sosial ekonomi. Dari beberapa unit usaha dijalankan pengelola seperti simpan pinjam, supermarket, perkreditan, berdagang bahan bangunan dan gas serta penyewaan alat pertanian, tahun 2021 BUMDes Bina Rakyat berhasil meraih laba Rp448,5 juta.


"BUMDes Bina Rakyat selain untuk peningkatan pemasukan APBDes juga menjalankan misi sosial seperti membantu warga miskin, yatim piatu dan lembaga pendidikan. Namun demikian, kami sebagai pengelola tentu tidak terlepas dari kekurangan dan keterbatasan. Maka itu, dukungan dan kritikan dari semua unsur masyarakat kita butuhkan juga, "ungkapnya. 


Plt KaDinsos PMD Kuansing, Nafisman, mengapresiasi kinerja terhadap pengelola BUMDes yang berhasil menggerakkan ekonomi desa. Ia terus mendorong penguatan manajemen dan kelembagaan BUMDes melalui dukungan teknis dan perluasan jaringan kerjasama. 


"Kehadiran BUMDes ini sangat membantu dan mensejahterakan masyarakat desa. Tingkat kepercayaan masyarakat kepada BUMDes Bina Rakyat cukup bagus. Harus lebih ditingkatkan, potensi yang ada harus dimaksimalkan. Dan kita terus dorong untuk lebih maju lagi, "katanya. 


Sementara Kades Simpang Raya, Amran Mangunson, mengatakan, dari potensi BUMDes yang dimiliki Desa Simpang Raya, ia pun mengaku bangga dengan kinerja pengelola BUMDes yang terus berinovasi. Tahun lalu misalnya, BUMDes kembali membuka unit usaha baru yakni jasa penyewaan alat pertanian dan perdagangan gas elpiji. 


"Selaku Kelapa Desa Simpang Raya, saya bangga dan apresiasi kepada pengelola BUMDes. Alhamdulillah, segala kebutuhan masyarakat desa bisa ditangani BUMDes. Untuk memajukan perekonomian masyarakat, BUMDes Bina Rakyat membuat berbagai macam unit usaha," ujarnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update