Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wakil Bupati Buka Pekan Pendaftaran Penduduk Solok Selatan

Rabu, 17 November 2021 | 16:54 WIB Last Updated 2021-11-17T11:09:15Z

Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi bersama Kepala Dukcapil Sumbar.


Sungai Pagu, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi bersama Kepala Dukcapil Provinsi Sumatra Barat buka pekan pendaftaran penduduk di Ruang Taman Hijau (RTH) muara labuh Kecamatan Sungai Pagu, Rabu 17 November 2021.


Perubahan kebijakan yang diatur dalam undang-undang Nomor 24 Tahun 2013, semua bersifat pro-rakyat, antara lain pelayanan gratis, KTP-elektronik berlaku seumur hidup, stelsel aktif, pendanaan penyelenggaraan administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota, dan penggunaan data Kependudukan Kementerian Dalam Negeri. 


Ini bertujuan agar pelayanan administrasi kependudukan dapat berjalan dengan baik dan efektif. 


Pelayanan publik bidang administrasi kependudukan ini adalah persoalan yang amat penting dan mendasar. Dukcapil bukan sekadar pelayanan dasar, akan tetapi juga menjadi dasar dari semua pelayanan. 


Dengan harapan semua penduduk harus terdata dalam database kependudukan, anak-anak diberikan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) selanjutnya diberikan KTP, dan apabila menikah diberikan akta perkawinan, sekiranya meninggal akan diberikan Akta Kematian. 


Sementara itu kegiatan pekan pendaftaran penduduk sumatra barat yang dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan ini berlangsung selama 2 hari di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Pauh Duo, Kecamatan Sungai Pagu, dan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). 


Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil, Efi Yandri memaparkan, maksud dan tujuan diselenggarakan pekan pendaftaran penduduk Sumatra Barat ini ialah untuk mewujudkan pelayanan bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat. (alwis)




×
Berita Terbaru Update