Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wabup Matangkan Persiapan MoU dengan BPOM

Jumat, 01 Oktober 2021 | 06:45 WIB Last Updated 2021-09-30T23:45:43Z

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian diskusi bersama sekretaris dinas kesehatan, Purwanto.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Purwanto, matangkan nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamis 30 September 2021.


"MoU ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi para pihak dalam pengawasan obat dan makanan, sehingga diharapkan ke depan kesepakatan ini mampu meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum atas pelanggaran yang terjadi, karenanya mari persiapkan kegiatan dengan baik,” ujar Richi. 


Pengawasan obat dan makanan meliputi pengawasan obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan, makanan, iklan produk tembakau termasuk SDM, fasilitas produk, distribusi dan pelayanan. 


Ruang lingkup kesepakatan ini direncanakan meliputi perencanaan, pemeriksaan, pengawasan, pembinaan, penanganan, penarikan dan pemusnahan obat atau makanan yang melanggar di wilayah Kabupaten Tanah Datar. 

 

Sementara itu Sekretaris Dinkes Purwanto mengatakan, MoU dengan BPOM telah diatur dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2017 tentang peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan. 


“Dalam Inpres itu, salah satu poinnya menginstruksikan kepala BPOM untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan obat dan makanan dengan instansi terkait,” katanya. 


Disebutkan Purwanto lagi, Inpres Nomor 3 Tahun 2017 juga menginstruksikan kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan koordinasi  pengawasan obat dan makanan dengan lakukan sanksi administratif. (farid)

×
Berita Terbaru Update