Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kader Posyandu Diminta Fokus Turunkan Angka Stunting di Sumbar

Jumat, 01 Oktober 2021 | 07:11 WIB Last Updated 2021-10-01T00:11:46Z

Kader posyandu bersama gubernur.

Padang, Rakyatterkini.com  -  Kader Posyandu diminta untuk fokus dalam membantu pemerintah menurunkan prevalensi stunting terutama di tengah Pandemi Covid-19 yang serba keterbatasan.


Saat ini Posyandu dalam penyelenggaraannya menghadapi tantangan yang cukup berat, yaitu adanya pandemi Covid-19 yang menyedot banyak sumber daya fisik, seperti tenaga, dana, dan sarana prasarana, juga mempengaruhi mental penyelenggara posyandu. 


Sementara itu posyandu tetap diharapkan dapat mendukung program penanganan stunting yang masih menjadi program prioritas pemerintah. Karena itu dibutuhkan kegitaan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kader Posyandu, kata Gubernur Mahyedi. 


Ia menyebut saat ini eksistensi posyandu masih dianggap tidak kekinian, kurang update dan produk masa lampau yang dibuktikan dengan menurunnya jumlah sasaran yang hadir di Posyandu, terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan menurunnya akselarasi pelayanan kesehatan dasar dalam pencapaian target cakupan layanan posyandu. 


Hai tersebut, juga didukung dengan tidak efektifnya peran pokjanal posyandu Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Pokja Posyandu Desa/Kelurahan dalam membina serta meningkatkan strata/perkembangan posyandu di wilayahnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari, Amasrul mengatakan tema kegiatan hari ini adalah Melalui Peningkatan Kapasitas Pokjanal, Pokja dan Kader Posyandu, Kita Tingkatkan Peran Posyandu dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera."


Ini mengandung makna perlunya membangkitkan kembali peran posyandu sekarang dan dimasa yang akan datang agar tetap dapat bergerak menjadi mitra potensial dalam pembangunan di nagari karena Posyandu memegang peranan cukup penting dalam meningkatkan kualitas idup sumber daya manusia Indonesia. 


Kegiatan itu dilakukan selama tiga hari 29 September hingga 1 Oktober 2021 di Grand Zuri Hotel. Peserta berjumlah 140 orang yang berasal dari pejabat terkait yang mengelola kegiatan Posyandu, Pokjanal Posyandu Kecamatan, Pokja Posyandu Nagari dan Kader Posyandu. (adpim)




×
Berita Terbaru Update