Notification

×

Iklan

Sumbar Butuh SDM Jitu Pasna untuk Percepatan Rekonstruksi

Jumat, 01 Oktober 2021 | 07:16 WIB Last Updated 2021-10-01T00:16:30Z

Gubernur Mahyeldi pasangkan rompi pada peserta.


Padang, Rakyatterkini.com - Sumatera Barat memiliki potensi bencana yang tinggi karena itu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan pengkajian kebutuhan pascabencana guna percepatanan proses rekonstruksi dan rehabilitasi.


SDM Jitu Pasna yang terampil akan mampu mengkaji dan menghitung secara cepat dalam mengumpulkan data primer data basah kerusakan dan kerugian pada daerah khususnya dalam pengkajian, "kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat membuka Bimbingan Teknis Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pascabencana Angkatan VIII bagi aparatur kabupaten/kota, perangkat desa/nagari/kelurahan, relawan PB dan jurnalis.


Gubernur berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan tersebut sehingga nantinya tercipta SDM yang memiliki kemampuan dalam pengkajian kebutuhan pascabencana.


Sementara Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman menyebutkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana bahwa BPBD harus bentindak cepat dan tepat serta efektif dan efisien.


Bukan hanya pada saat terjadi bencana (penanganan darurat), tetapi juga pada saat pemulihan melalui rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana dengan prinsip dasar membangun menjadi lebih baik. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update