Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sekda Tanah Datar Dilantik dan Diambil Sumpahnya

Senin, 04 Oktober 2021 | 22:18 WIB Last Updated 2021-10-05T07:29:22Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra melantik sekda.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Ikbal Ramadi Payana, yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar dilantik dan diambil sumpahnya sebagai sekretaris daerah (Sekda) Tanah Datar. 


Pelantikan dipimpin Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Senin 4 Oktober 2021 di Aula Kantor Bupati Tanah Datar


Bupati Eka mengatakan pelantikan pejabat tinggi pratama yakni sekretaris daerah adalah hal yang biasa dalam sistem manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut sebagai implementasi dari ketentuan pasal pada UU No 5 Tahun 2014 dan dilaksanakan secara terbuka.



Sekretaris daerah adalah jabatan yang sangat penting dan strategis dalam pengelolaan pemerintahan.


Proses untuk menetapkan sekretais daerah tentu telah melewati proses yang panjang dan sistematis, sesuai ketentuan yang berlaku. Dimulai dari pembentukan pansel, hingga konsultasi dan koordinasi dengan gubernur Sumbar.


"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada Edi Susanto yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Kemudian juga kepada Irwandi selaku Sekda yang lama yang telah menjalankan dan mengemban tugas dengan baik. Beliau mengundurkan diri karena alasan kesehatan beliau yang tidak memungkinkan lagi menjalankan tugas negara ini, ”ujar Eka Putra.


Bupati juga sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia seleksi (Pansel) yang telah bekerja keras dalam penyaringan untuk melakukan penunjukan Sekda sehingga terpilih Ikbal Ramadi Payana, sebagai Sekda Tanah Datar yang baru.



Bupati menerangkan tugas Sekda adalah membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, dan unit pelaksana lainnya, sebagai motor penggerak organisasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.


Menurut bupati, Sekda harus dapat membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan kepala daerah.  


Selain itu harus mampu menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara efektif dan produktif dengan seluruh institusi baik internal maupun eksternal.



Dalam meningkatan pendapatan daerah untuk dapat menggali potensi yang ada dan meningkatkan SDM, cepat bergerak untuk membangun Tanah Datar


Penetapan jabatan merupakan kepercayaan suatu kehormatan yang mengandung tugas dan tanggung jawab. Atas dasar itu harus menyadari situasi dan kondis masyarakat saat ini dan menentukan langkah langkah strategis dan memberikan kemudahan pelayanan untuk Masyarakat .


Bupati sampaikan semua tindakan dan kegiatan harus tertib administrasi  sesuai dengan hukum yang berlaku agar dapat dipertanggungjawabkan.


Bupati minta tingkatkan disiplinnya ASN Harus memastikan semua OPD dengan baik untuk mencapai visi dan misi bupati dan wakil bupati Tanah Datar. (farid)




×
Berita Terbaru Update