Notification

×

Iklan

Pilwana Serentak Agam, 119 Calon Wali Nagari Bersaing

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:51 WIB Last Updated 2021-10-12T08:51:46Z

Kabid Pemerintahan Nagari DPMN Agam, Zulkarnaini.


Lubuk Basung, Rakyatterkini.com – 119 calon wali nagari akan bersaing pada pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak 2021 di Kabupaten Agam.


Kabid Pemerintahan Nagari DPMN Agam, Zulkarnaini, Senin 11 Oktober 2021 mengatakan Pilwana digelar empat tahap, mulai 1 sampai 11 November 2021. Pelaksanaannya dengan sistem e-voting atau pemungutan suara secara elektonik.


“Ada 119 calon yang akan bersaing untuk jadi wali nagari pada 25 nagari di Agam,” katanya.


Ke-25 nagari yang melaksanakan Pilwana ini seperti Nagari Tiku Selatan, Garagahan, Batu Kambiang, Sitalang, Sungai Batang, Tanjuang Sani, Lawang, Tigo Balai, Parik Panjang, Sipinang, Sungai Pua dan Baringin.


Selanjutnya, Nagari Matua Hilia, Koto Tuo, Koto Panjang, Pakan Sinayan, Batagak, Sariak, Lasi, Koto Rantang, Tabek Panjang, Salo, Koto Baru, Panampuang dan Magek.


Selain itu, katanya, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih dalam tahap verifikasi oleh tim teknis inti. Dari 84 ribu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) diverifikasi untuk ditetapkan jadi DPT.


“Verifikasi ini kita lakukan supaya tidak ada nama pemilih yang ganda. Jika verifikasi selesai, nanti kita tetapkan DPT nya per nagari. Penetapannya kita upayakan pekan ini,” terang Zulkarnaini.


Menurutnya, jika Pilwana ini sudah selesai, direncanakan wali nagari terpilih akan dilantik secara serentak pekan pertama Desember 2021.


“Pelaksanaan Pilwana ini kita bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, dengan menyediakan 58 set perangkat yang kondisinya kini sudah ready,” jelasnya. (Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update