Notification

×

Iklan

Bupati Tinjau Pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Painan

Selasa, 05 Oktober 2021 | 15:03 WIB Last Updated 2021-10-05T08:03:35Z

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar meninjau pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Painan.


Painan, Rakyatterkini.com - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar monitoring pelaksanaan Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 1 Painan, Kecamatan IV Jurai, Selasa 5 Oktober 2021.


Pada monitoring itu, Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kepala Dinas Pendiddikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri Zainal dan sejumlah tenaga pendidik SMPN 1 Painan.


Bupati mengatakan, kegiatan monitoring yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa ANBK berjalan sesuai dengan jadwal dan aturan yang berlaku.


Menurut bupati, pihak sekolah setiap hari hendaknya membuat berita acara pelaksanaan ANBK supaya ada ujian susulan pada tahap kedua. "Semoga hasil ANBK ini dapat memetakan peserta didik dan satuan pendidikan untuk dijadikan perencanaan kebijakan secara berkelanjutan," sebutnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri Zainal mengatakan, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.


Dsebutkan, mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Selanjutnya, Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. 


Asesmen nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update