Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wartawan Kompeten Bertambah, PWI Sumbar Serahkan Kartu UKW

Jumat, 17 September 2021 | 15:55 WIB Last Updated 2021-09-17T11:22:32Z

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, didampingi Sekretaris, Widya Navies, ketua DKD, Basril Basyar, dan Guspen Khairul menyerahkan kartu UKW pada perwakilan peserta. (foto guspa)


Padang, Rakyatterkini.com - Setelah enam bulan menunggu, akhirnya peserta Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-15-16, terima kartu UKW, Jumat 17 September 2021 siang.


Kartu UKW diserahkan Ketua PWI Heranof Firdaus, di Kantor PWI Sumbar, dihadiri Sekretaris PWI, Widya Navies, Ketua DKD PWI, Basril Basyar, wakil ketua PWI, Sawir Pribadi dan Guspen Khairul, Edi Djarot serta pengurus lainnya.


Ketua PWI Heranof menceritakan keterlambatan penyerahan kartu UKW pada peserta yang melaksanakan ujian pada Maret 2021 lalu. Penyerahan bukti kompetensi itu agak berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab belum disertakan dengan sertifikat dari Dewan Pers.


"Untuk sertifikat masih menunggu, karena harus tanda tangan basah dari Ketua Dewan Pers, "ujar Heranof.


Keterlambatan tersebut disebabkan, situasi Jakarta yang kian parah pandemi, sehingga Dewan Pers sempat lockdown.


Ketua PWI berpesan bagi wartawan yang sudah berkompeten dan lulus UKW, agar memperhatikan sikap dan tingkah laku sebagai wartawan kompeten.


Yang lebih penting lagi, pemegang kartu UKW juga harus bersikap bijak dan profesional, jangan mentang-mentang UKW, menganggap rendah wartawan yang belum UKW.


"Ini tidak boleh, wartawan UKW atau belum UKW itu sama, yang membedakan kita terdaftar di Dewan Pers dan punya kartu dan sertifikat, "ujarnya.


Diceritakan, UKW angkatan 15-16 itu kerjasama PWI dan Dewan Pers. Untuk peserta diikuti 54 orang wartawan dengan semua tingkat, utama, madya dan muda.


Dari jumlah itu, 46 dinyatakan kompeten, enam (utama), enam madya dan selebihnya muda.


Sementara itu, Sekretaris PWI, Widya Navies menuturkan biasanya kartu UKW diserahkan sekaligus dengan sertifikat. Namun, saat ini baru kartu UKW yang dikirim PWI pusat, sementara sertifikat masih menunggu tanda tangan basah Ketua Dewan Pers.


Apabila sudah dikirimkan oleh PWI Pusat atau Dewan Pers, akan langsung dibagikan pada peserta.


"Saya berharap, pemegang kartu UKW agar menjaga sikap. Misalnya di jalan raya, sudahlah kita salah, kartu UKW dikeluarkan juga. Jangan pulalah seperti itu, "pesan Wapimred Harian Singgalang itu. (gp)




×
Berita Terbaru Update