Notification

×

Iklan

Pasar Sumanik Dibangun, Bupati Letakan Batu Pertama

Kamis, 23 September 2021 | 09:04 WIB Last Updated 2021-09-23T02:04:51Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra letakan batu pertama pembangunan pasar Sumanik.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan pesan agar Pasar Nagari Sumanik bisa memberikan dampak positif bagi pelaku pasar setelah pembangunannya selesai.


Itu disampaikan Eka Putra pada peletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Pasar Nagari Sumanik, Rabu 22 September di Pasar Sumanik Kecamatan Salimpaung.


Bupati katakan pasar menjadi penting bagi kemajuan ekonomi di daerah, bagi masyarakat kehadiran pasar sangat dibutuhkan terutama dalam kebersihan dan, kenyamanannya. 


Bupati menyampaikan ucapan terimakasih epada niniak mamak, KAN, pemerintah nagari dan semua unsur yang selama  bersinergi dan bermusyawarah dalam setiap keputusan yang diambil.


Bupati juga berharap adanya pasar yang representatif nanti pelaku UKM yang akan menjadi penggerak utamanya di pasar


Di kesempatan itu Kepala Dinas Koperindag Darfizal melaporkan  proses pembangunan pasar Sumanik sudah dimulai sejak tahun 2020 dan mengusulkan nama-nama pasar yang akan direhap atau dibangun melalui dana dari kementerian perdagangan melalui aplikasi SIPR. 


Dalam laporannya 7 pasar yang di usulkan untuk  pembangunannya atau rehab, dari 42 jumlah pasar yang ada di Tanah Datar.


Darfizal jelaskan Pasar Nagari Sumanik terpilih menjadi salah satu pasar yang ada di Sumatera Barat yang akan dibangun dengan menggunakan Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI berdasarkan terbitnya Permendag nomor 41/2021 tentang Penunjukan Lokasi Pembangunan Pasar Melalui Alokasi Dana TP Kementerian Perdagangan.


Pembangunan Pasar Nagari Sumanik melalui Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2021 ini akan dikerjakan oleh CV. Temika Jaya Utama dengan anggaran sebesar 3 milyar lebih dan durasi kontrak kerja selama 97 hari kalender.


Dan dirancang untuk pasar rakyat yang mengarah ke pasar modern yang nanti nya  dibangun mushalla, fasilitas kesehatan, kantor dan juga pos keamanan sebagai sarana pelengkap yang harus ada untuk setiap pasar tradisional di seluruh Indonesia. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update