Notification

×

Iklan

Kementan Kembangkan Bawang Varietas Batu Ijo di Sumbar

Senin, 20 September 2021 | 21:13 WIB Last Updated 2021-09-20T14:13:10Z

Bawang Merah Batu Ijo.

Padang, Rakyatterkini.com  -  Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyambut baik upaya Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan, Kementan RI untuk mengembangkan bawang varietas unggul Batu Ijo.


"Varietas ini bisa meningkatkan hasil panen bawang petani dari awalnya sekitar 12 ton per hektare menjadi 18 ton perhektare. Ini tentu akan menguntungkan petani di Sumbar," katanya saat menerima Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan RI. DR. Husnain, MSc di Istana Gubernur, Senin 20 September 2021.


Ia mengatakan selama ini Sumbar telah dikenal sebagai sentra bawang di Sumatera. Dengan varietas unggul tersebut produktifitas akan meningkat tajam sehingga bisa menembus pasar lebih luas.


Mahyeldi menyebut saat ini Sumbar mulai kekurangan petani karena itu generasi muda harus diajak untuk mengembangkan sektor ini dengan memanfaatkan teknologi.


Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian Balitbangtan Kementan RI. DR. Husnain, MSc msngatakan varietas Batu Ijo memang belum banyak dikenal namun memiliki banyak keunggulan seperti umbi yang lebih besar dan rasa yang tidak jauh berbeda dari bawang lokal. 


Pengembangan varietas itu juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan sehingga bisa menurunkan penggunaan pupuk pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.


Ia menyebut untuk pengembangan varietas itu akan difokuskan pada pengelolaan irigasi, pupuk dan ketahanan dari hama penyakit.


Varietas Batu Ijo dapat diusahakan mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi (50–1000 m dpl). Umur panen 65 - 70 hari, tinggi tanaman 45-60 cm, banyak anakan sampai lima umbi/rumpun.


Kondisi tanah yang diinginkan tanaman bawang merah yaitu berdrainase baik dan subur, tekstur lempung berpasir dan struktur remah dengan pH 6,0 - 6,5. 


Karena itu tanaman bawang merah varietas Batu Ijo dapat ditanam di lahan sawah, lahan kering atau lahan tegalan pada jenis tanah bervariasi. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update