Notification

×

Iklan

Gubernur: Pertanian Sektor Paling Potensial Dikembangkan di Sumbar

Selasa, 21 September 2021 | 21:09 WIB Last Updated 2021-09-21T14:09:06Z

Gubernur Mahyeldi bersama bupati Tanah Datar, Eka Putra serta Forkopimda tanam bawang di Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut sektor pertanian adalah sektor yang paling potensial dikembangkan karena komposisi dari masyarakat yang menggantungkan hidup dari pertanian di daerah itu mencapai 58 persen dari total penduduk.


"Jika sektor ini berkembang dan petani sejahtera maka semua sektor akan ikut mendapatkan imbas positif. Semua sektor ekonomi akan bergerak semua," katanya saat menghadiri panen perdana bawang varietas unggul Batu Ijo yang diinisiasi oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Litbang Pertanian Kementan RI di Nagari Pandai Sikek, Tanah Datar, Selasa 21 September 2021.


Ia mengatakan Sumbar juga memiliki tanah yang subur untuk mendukung sektor pertanian, tinggal meningkatkan pemanfaatan teknologi dan alsintan untuk meningkatkan produksi.


Lahan percontohan bawang sebesar 10 hektare yang dipanen menjadi satu langkah maju dalam pemanfaatan varietas unggul, pemanfaatan teknologi serta pengelolaan air dan pemupukan yang bisa dicontoh oleh petani di Sumbar.


Hasil panen yang mencapai 18 ton perhektare jauh lebih tinggi dari varietas lokal yang hanya 12-13 ton perhektare sehingga bisa membantu meningkatkan pendapatan petani. Apalagi masa panen juga hanya 70 hari.


Ke depan akan diupayakan pengembangan teknologi hilirisasi dari produk pertanian Sumbar agar harga komoditas bisa tetap terjaga sehingga petani benar-benar diuntungkan.


Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Litbang Pertanian Kementan RI, Husnain mengatakan lahan percontohan sangat penting untuk bisa mengubah pola pikir dan pola kerja petani.


Tanpa melihat bukti yang nyata, petani tidak akan mau meninggalkan cara pengolahan lahan dan varietas lama yang sudah lama mereka gunakan.


Ia mengatakan tahun ini pihaknya melaksanakan program Riset Penelitian Integrasi kolaboratif (RPIK) yang menggabungkan sembilan UPT dalam mengelola lahan percontohan sehingga semua hal pendukung mulai dari kondisi tanah, pupuk, alsintan, air, varietas dan teknologi diterapkan bersama-sama agar hasilnya maksimal.


Ia berharap lahan percontohan yang sedang bersiap untuk penanaman kedua tersebut bisa lebih ditingkatkan lagi. Mungkin dengan cara ekspansi lahan atau duplikasi di daerah lain.


Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan sebanyak 70 persen dari masyarakatnya adalah petani.


Beberapa tahun belakangan Tanah Datar fokus pada tiga komoditas yaitu cabai merah, bawang merah dan jengkol. Tiga komoditas itulah yang membawa daerah itu menjadi kabupaten dengan pengendalian inflasi terbaik.


"Kita juga punya potensi tomat dengan produksi sampai 27 ribu ton yang sedang diupayakan hilirisasinya berupa pabrik pengolahan saus tomat," ujarnya. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update