Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wisata Alam Tanah Datar Diusulkan jadi Geopark Nasional

Senin, 16 Agustus 2021 | 22:27 WIB Last Updated 2021-08-16T15:27:37Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyisiri wisata alam.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Potensi wisata alam dan taman bumi di Tanah Datar  seperti Danau Singkarak, Ngalau Pangian dan Puncak Aua Sarumpun sudah diusulkan ke pemerintah pusat menjadi geopark nasional


Bupati Eka Putra juga menyebutkan banyak terdapat wisata budaya seperti Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan dan Puncak Pato serta objek-objek wisata, Minggu 15 Agustus 2021.


Bupati Eka Putra sangat tertarik geopark atau taman bumi untuk dikembangkan, yang  mengandung nilai sejarah yang dapat mengedukasi masyarakat ataupun wisatawan yang datang berkunjung.


Menurut Bupati Eka dari geopark ini akan dapat meningkatkan aspek ekonomi bagi masyarakat sekitar taman bumi dan juga dikenal oleh dunia. 

 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Abdul Hakim juga menyampaikan point penting dalam pengusulan geopark itu ada 9 melalui penelitian pihak kementerian.


9 geosite hasil penelitian Tim Kementerian ESDM tersebut diantaranya Breksi Pulimik di belakang Istano Basa Pagaruyung, Bukit Aur Sarumpun, Endapan Danau Singkarak Purba, Kompleks Kipas Aluvial Danau Singkarak, Jendela Batu Gamping Kuantan Singkarak, dan Goa Sopan Kijang Pangian. (farid)




×
Berita Terbaru Update