Notification

×

Iklan

Manfaat Lemon untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Selasa, 10 Agustus 2021 | 14:08 WIB Last Updated 2021-08-10T07:08:00Z

Buah lemon.


RAKYATTERKINI.COM - Manfaat buah lemon ternyata sangat beragam. Buah ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah di wajah.


Lemon memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup lengkap. Kandungan tersebut yang membuat buah lemon cocok untuk produk kecantikan.


Manfaat dari buah lemon ini akan semakin terasa jika digunakan dengan cara yang tepat. Simak penjelasan berikut ini.


Manfaat Lemon untuk wajah

Salah satu alasan banyak orang menggunakannya untuk perawatan kulit karena buah yang rasanya masam ini memiliki beberapa manfaat lemon. Kandungan di dalam lemon juga dibutuhkan untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat. 


Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk kesehatan kulit wajah.

Mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Mencerahkan kulit

Menghilangkan komedo. Menghaluskan kulit wajah. Mencegah penuaan dini. Mengurangi produksi minyak berlebih, dan mencerahkan warna bibir secara alami


Ada setidaknya tujuh manfaat dari buah lemon yang akan membuat wajah menjadi segar dan sehat. Untuk bisa mendapatkan manfaat lemon tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini caranya.


1. Menggunakan air lemon langsung

Untuk mendapatkan air lemon, anda bisa mengikuti cara-cara berikut:

Cuci bersih buah lemon kemudian belah menjadi dua bagian. Peras lemon sampai mengeluarkan air. Oleskan air lemon pada wajah dengan menggunakan kapas steril atau bersih. Diamkan sekitar 15 hingga 30 menit. Bilas wajah menggunakan air kemudian keringkan.


2. Membuat masker lemon dan madu

Manfaat lemon selanjutnya adalah menjadi masker wajah. Anda bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti madu untuk memperkaya masker tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker lemon dan madu, sebagai berikut:


Peras lemon kemudian masukkan setengah sendok makan air lemon ke dalam mangkuk. Tambahkan madu sekitar satu sendok teh. Aduk madu dan air lemon sampai tercampur. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering. Bilas dengan menggunakan air bersih.


3. Membuat masker wajah dari lemon, madu, dan yogurt

Selain madu, bahan alami selanjutnya yang bisa dicampurkan untuk mendapatkan masker lemon kaya manfaat yaitu yoghurt. Untuk membuat masker ini anda bisa mengikuti cara-cara berikut:


Peras air lemon, kemudian campurkan 1 sendok madu dan yogurt yang tidak memiliki rasa ke dalam setengah sendok teh air lemon. Aduk bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta kental.


Oleskan masker alami itu ke wajah sampai merata. Tunggu sampai maker mengering, lalu bilas wajah dengan air bersih.


Cara-cara di atas hanya dianjurkan untuk yang memiliki kulit normal atau tidak sensitif. Jika kulit Anda  sensitif, sebaiknya tidak melakukan perawatan tersebut.


Untuk mengetahui apakah kulit Anda sensitif atau tidak, bisa dengan melakukan cara-cara berikut:

Oleskan air lemon atau masker lemon ke bagian tubuh selain wajah, misalnya punggung tangan. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas.


Setelah itu, amati apakah ada reaksi kulit seperti iritasi, gatal, ruam, atau tanda kulit sensitif lainnya. Jika tidak ada, berarti kulit Anda cocok untuk menggunakan perawatan di atas. Namun, apabila muncul reaksi, seperti kulit kemerahan, sebaiknya tidak melanjutkan perawatan dengan buah lemon. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update