Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dua Kecamatan di Padang Pariaman Dilanda Banjir

Kamis, 19 Agustus 2021 | 20:50 WIB Last Updated 2021-08-19T13:50:28Z
Jalan terban akibat dilanda banjir.


Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Banjir melanda dua kecamatan di Padang Pariaman, yakni Lubuk Alung, dan Batang Anai, Rabu 18 Agustus 2021 malam, dengan ketingian air mencapai satu setengah meter.


Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman, Budimulya menyebutkan, banjir terjadi pada 20.40 WIB akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kedua kecamatan tersebut sejak pukul 16.00 WIB.


Dampak banjir, sebanyak 180 unit rumah yang dihuni 105 kepala keluarga di Korong Surantiah, Lubuk Alung terendam.


Selain itu, 80 haktare lahan pertanian dan perkebunan warga juga terendam, dan 1 unit pos pemuda atau pos ronda juga ikut terendam.


Kemudian, Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai, sebanyak 6 korong terendam air, aklibat meluapnya debit air Sungai Batang Surantiah.


Akibat Meluapnya debit air Sungai Batang Surantiah ini, beberapa ruas jalan rusak dikikis air, dan akses jalan ke Nagari Sungai Buluah lumpuh, karena jalan amblas ke sungai. Selain itu, 75 unit rumah di daerah itu ikut terendam banjir, dengan ketinggian air satu meter. 


"Banjir yang melanda kedua kecamatan ini, dari hasil laporan walinagari yang berdampak banhir, air yang merendam rumah warga dan lahan pertanian sudah mulai surut pada malam hari," kata dia. 


Pihaknya melakukan koordinasi dengan wali nagari, wali korong setempat. Selain itu, pihak TNI atau Babinsa setempat melakukan peninjauan ke lokasi dan pembersihan genangan air, lumpur pada rumah warga.


Selain itu, BPBD Padang Pariaman melakukan koordinasi dan bertindak cepat dengan TRC PB menuju lokasi melakukan pendadataan dan pembersihan.


Kemudian, di hari yang sama terjadi pohon tumbang, angin kencang di Kecamatan Sungai Limau, Nagari Puluhan, Lembek Pasang.


Pohon tumbang tersebut sudah dibersihkan oleh Satgas TRC PB BPBD. Sehingga jalan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor. (sgr)




×
Berita Terbaru Update