Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Hamsuardi Minta Pengurus Baznas Pasbar Inovatif

Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:38 WIB Last Updated 2021-09-06T10:51:16Z
Bupati Pasbar, Hamsuardi lantik pengurus Baznas periode 2021-2026.


Pasbar, Rakyatterkini.com - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi melantik dan mengambil sumpah jabatan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat, periode 2021-2026, Jumat 20 Agustus 2021, di ruang Balkon Kantor Bupati Pasaman Barat.


Pengurus Baznas yang dilantik Muhaji, (Ketua) dan Sutarman, Muhammad Jamil, Setarmon, masing-masing sebagai wakil ketua. Sementara Agustar M, unsur wakil ketua tertunda dilantik karena sedang menjalani Isoman karena Covid -19.


Bupati menegaskan agar pengurus Baznas yang dilantik agar bersifat amanah  sebagai pengelola zakat. "Jaga kekompakkan, jangan sampai pecah kongsi. Pengurus tak boleh patah semangat atau kendor. Saya ingin Baznas ini kokoh dan tangguh melayani masyarakat yang membutuhkan, " kata Hamsuardi.


Bupati mengajak jadikan kritik masyarakat terhadap Baznas sebagai bahan  membangun Baznas lebih baik ke depan sebagai lembaga pengelola zakat.


Bupati meminta pengurus agar mendata penerima zakat (mustahid) dan pemberi zakat (muzaki) di Pasaman Barat, sehingga orang miskin tidak bertambah.


"Mari kita layani masyarakat. Kita berharap agar satu tahun ini ada perubahan di Baznas, jangan hanya mengandalkan zakat PNS saja, tapi lakukanlah inovasi baru. Jangan monoton saja, orang kaya dan perusahaan ada di sini, bangunlah komunikasi dengan mereka agar bisa menyalurkan zakat mereka ke Baznas," kata Hamsuardi. 


Bupati juga mengharapkan, pengurus Baznas bisa jadi lembaga yang dipercaya untuk menyalurkan zakat.  "Hampir Rp6 miliar dana Baznas setahun, agar dikelola dengan baik sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat manfaat," sebut dia. 


Bupati juga meminta pengurus agar memperhatikan pedagang kecil yang perlu penambahan modal usaha, seperti pedagang goreng, pedagang lontong, sektor pendidikan dan pembuatan rumah layak huni bagi keluarga miskin.


Bupati juga memberi peringatan agar Baznas harus bersih, bersih menurut peraturan dan perundang-undangan, bersih membagikan zakat dan bersih cara mendapatkannya zakat.


Kakan Kemenag Muhammad Nur selaku Dewan Pengawas Baznas juga mengajak agar pengurus mempergunakan jabatan membantu orang di jalan Allah.


"Pengurus zakat ini SKnya dari Allah, maka jagalah amanah ini dengan baik, karena pertanggungjawabannya kepada Allah," ujar M Nur.


Dia mengajak pengurus membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dan bekerja baik.


Saat ini pihaknya sedang membuat pilot proyek Badan Wakaf Indonesia (BWI) di Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo Pasbar. Beberapa masyarakat telah mewakafkan satu batang sawit tiap rumah untuk disalurkan pula kepada kaum miskin melalui BWI. 


Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan serah terima jabatan pengurus lama kepada pengurus baru. Pengurus lama dihadiri Hendrizal (Sekretaris Basnaz) kepada Muhajir selaku Ketua Baznas yang baru.


Sementara itu, Ketua Baznas Pasaman Barat Muhajir, usai dilantik ketika ditanya wartawan akan melakukan konsilidasi internal Baznas terlebih dahulu sebelum melangkah selanjutnya.


"Kita perkuat dulu internal Baznas baru kita melakukan langkah-langkah selanjutnya, diantaranya pemetaan jumlah penerima zakat dan pemberinya. Kita akan menjalin kerjasama dengan semua pihak, termasuk perusahaan," sebut Muhajir. 


Dia meminta dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah agar Baznas Pasaman Barat untuk lebih maju dan dipercaya masyarakat sebagai lembaga pengelola dan penyalur zakat umat. (gjr)




×
Berita Terbaru Update