Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bawang Merah Varietas Sumbu Marapi Resmi Milik Tanah Datar

Kamis, 12 Agustus 2021 | 22:13 WIB Last Updated 2021-08-12T15:13:53Z
Bawang merah Sumbu Marapi.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bawang merah varietas Sumbu Marapi mempunyai keunggulan produktivitas yang lebih tinggi.


Usulan Bupati Tanah Datar untuk memperoleh tanda daftar varietas telah disetujui Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI Prof (Riset) Erizal Jamal.


Berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak terutama tim peneliti, varietas Sumbu Marapi ini sudah terdaftar dan menjadi milik Tanah Datar dengan hadirnya varietas ini menjadi pilihan bagi masyarakat petani tidak hanya Tanah Datar juga di luar Tanah Datar, "kata Bupati Gedung Indo Jolito, Rabu 11 Agustus 2021.


Bupati Eka menyampaikan varietas ini dapat tumbuh baik di dataran sedang dan produktifitas tinggi ditandainya dengan umbinya muncul ke permukaan tanah bertingkat-tingkat serta umur berbunga dan umur panen lebih cepat.


Sementara  Kabid Hortikultura Sri Mulyani menyampaikan berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak terutama tim peneliti, varietas Sumbu Marapi ini sudah terdaftar dan menjadi milik Tanah Datar dan bahkan sudah bisa diedarkan dan dipakai masyarakat petani di Tanah Datar.


Sri Mulyani menjelaskan Umbi bawang merah varietas Sumbu Marapi ini muncul ke permukaan tanah dan bertingkat-tingkat dengan diameter umbi 1,7 sampai 2,5 mm, jumlah umbi per rumpun 15 sampai 25 umbi dengan berat per rumpun 130 sampai 180 gram dengan umur panen 73 sampai 75 hari setelah tanam.


Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim dari BPTP Sumbar dan BPSB  Sumbar yang telah bekerjama dalam mendukung proses dan terus mengawasi serta membimbing dalam pelaksanaan kegiatan pelepasan Bawang Merah varietas Sumbu Marapi. (adpim)




×
Berita Terbaru Update