Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bank Nagari Gelar Webinar Potensi Ekonomi Keuangan Syariah

Jumat, 13 Agustus 2021 | 01:30 WIB Last Updated 2021-08-12T18:30:00Z
Webinar Bank Nagari.


Padang, Rakyatterkini.com - Bank Nagari menggelar webinar dengan tema "Potensi Ekonomi Keuangan Syariah Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional" sebagai salah satu rangkaian acara Bulan Ekonomi Syariah Sumatera Barat.


"Kita mengapresiasi Komisaris Utama dan Direktur Utama Bank Nagari beserta seluruh jajaran yang secara cepat melakukan langkah nyata menyukseskan Bulan Ekonomi Syariah Sumatera Barat dengan melaksanakan Seminar atau Webinar pada hari ini dengan tema yang sangat menarik dan sangat bermanfaat," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat membuka webinar di Padang, Kamis 12 Agustus 2021.


Ia mengatakan pengembangan perekonomian syariah nasional memang tidak terlepas dari keaktifan dan konsistensi program-program pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Barat.


Menurutnya ekonomi syariah sangat sesuai dengan kearifan lokal yang berkembang di Sumatera Barat yaitu “Adat Basandi Syarak, arak Basandi Kitabullah“ yang tentunya menjadi modal bagi keberhasilan pengembangan ekonomi keuangan syariah di daerah ini.


Instrumen ekonomi yang ada di Sumatera Barat saat ini bisa menjadi sumber penguatan ekonomi Keuangan Syariah, diantaranya adanya Pemerintahan Nagari, Koperasi Syariah, BPR Syariah, Bank Umum Syariah, Bank Nagari Syariah, prospek wisata berbasis syariah (wisata halal dan wisata religi), serta dukungan sinergi dan kolaborasi ekosistem ekonomi keuangan syariah di Sumatera Barat, baik yang bergerak secara perorangan maupun melalui organisasi dan komunitas. 


Ia menyatakan tambahan pengetahuan, pemahaman, peningkatan wawasan dari pemateri masing-masing Ir. Putu Rahwidhiyasa, MBA.CIPM, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) yang mengangkat topik tentang "Potensi Ekonomi Keuangan Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional dan Daerah”.


Kemudian, anara sumber berikutnya yaitu Prof.Dr.H. Salmadanis, Guru Besar Universitas Negeri Padang, yang akan mengangkat topik tentang "Potensi Wakaf Untuk Kemashalatan Bersama”.


Gubernur menambahkan Provinsi Sumatera Barat telah ditunjuk menjadi salah satu Provinsi pilot project wakaf di tingkat nasional oleh Presiden Republik Indonesia. Potensi wakaf yang dimiliki oleh Sumatera Barat akan sangat bermanfaat untuk mendukung pergerakan perekonomian masyarakat baik di bidang pertanian, peternakan kan, serta pemberdayaan UMKM. (adpim)




×
Berita Terbaru Update