Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan, Zohirin Sayuti Hadiri Forum Apkasi Sumbar

Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:43 WIB Last Updated 2021-08-04T04:43:23Z
Silaturahim dan persaudaraan bupati dan walikota se-Sumbar.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti hadiri Forum Apkasi Sumbar di Cinangkiek Resort, Selasa 3 Agustus 2021. 


Kegiatan yang bersifat silahturahmi tersebut, diisi dengan diskusi untuk saling bertukar informasi, khususnya tentang penanganan Covid-19 serta berbagai upaya dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan di daerah masing-masing.


Ketua Umum Apkasi saat ini Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Sementara Korwil Apkasi Sumbar, dijabat oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra. Untuk tempat pertemuannya difasilitasi oleh Bupati Solok, Epiyardi Asda sebagai pemilik wisata Cinangkiak, ujar Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti.


Pertemuan ini guna dapat saling berdiskusi dan berkomunikadi dalam meningkatkan sinergi dan koordinasi antar sesama kepala daerah dalam langkah gerak pembangunnya dimasing-masing daerah. 


“Utamanya, pada masa pandemi sekarang ini, tentu akan ditemui berbagai kendala dan persoalan. Karenanya, diperlukan sinergi dengan berbagai pihak,” ungkap Wawako Zohirin menambahkan.


Pada masa pandemi sekarang ini, tentu akan ditemui berbagai kendala dan persoalan. Karenanya, diperlukan sinergi dengan berbagai pihak melalui gotong royong.


Perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi (otonomi daerah) pada tahun 1999, menjadikan pemerintah kabupaten memiliki prakarsa sendiri dalam membangun daerahnya, dengan lebih menitikberatkan aspirasi masyarakat dan memiliki kewenangan lebih luas dalam membangun daerahnya.


Guna mendukung dan mencapai keberhasilan sistem ini, pemerintah kabupaten membutuhkan perkumpulan atau organisasi (Apkasi) dan saat ini, dengan 416 pemerintah kabupaten di Indonesia dan aktif sebagai anggota dari organisasi Apkasi.


Sementara itu, untuk pemerintah kota, tergabung ke dalam Apeksi dan saat ini forum tersebut beranggotakan 98 kota di seluruh Indonesia dan Kota Sawahlunto, termasuk salah satunya. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update