Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

PLN UPK Ombilin Serahkan Bantuan Program TJSL 2021

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:15 WIB Last Updated 2021-07-22T08:15:40Z
Green house hidroponik pada siang hari.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin menyerahkan bantuan program pengembangan usaha tanaman holticultura menggunakan media hidroponik untuk Kelompok Hidroponik Bismillah, di Desa Salak Kecamatan Talawi, Kota sawahlunto, Senin, 29 Juni 2021.


Bantuan Pengembangan Usaha Tanaman Holticultura Menggunakan Media Hidroponik ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2021 PLN UPK Ombilin. 


Foto green house hidroponik dengan penggunaan lampu UV pada malam hari sistem penanaman hidroponik di kelompok ini merupakan kegiatan penanaman yang menjadikan air sebagai media utama untuk menggantikan tanah. Ditambah dengan bantuan lampu khusus yang biasa disebut Grow LED yang memancarkan spektrum cahaya ultraviolet.


Hasil penanaman menggunakan sistem hidroponik dan lampu UV.

Pemanfaatan lampu UV merupakan inovasi terbaru saat ini, dimana dengan adanya lampu ultraviolet ini dapat menggantikan fungsi cahaya matahari disaat malam hari, sehingga nutrisi yang dibutuhkan tanaman hidroponik mendapatkan pasokan  sinar secara optimal selama 24 jam.


Terbukti dengan adanya tehknologi memanfaatkan lampu UV ini dapat meningkatkan produktifitas tanaman hidroponik yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Bismillah Desa Salak. 


Dari beberapa tempat yang penerapkan teknologi yang sama menggunakan lampu UV ini, dapat dirasakan langsung dampaknya oleh petani. Dimana untuk berat perbatang tumbuhan biasanya hanya sekitar 150 Gram /batang tanaman.


Green house hidroponik dengan penggunaan lampu UV pada malam hari

Setelah memanfaat lampu rata rata berat perbatang menjadi 200 -250 Gram, begitu juga jangka waktu panen, biasanya tanpa menggunakan lampu UV, waktu untuk proses panen bisa mencapai 45 hari, setelah menggunakan lampu waktu panen bisa lebih cepat menajadi 30 – 35 hari, sehingga dari keunggulan ini dapat meningkatkan peluang keuntungan kelompok tani. 


Satimar, ketua Kelompok Tani Bismillah mewakili seluruh anggota kelompok  megungkapkan rasa syukur dan terima kasih terhadap PT PLN UPK Ombilin yang telah memberikan perhatian pada masyarakat sekitar, khususnya pada kelompok Tani Bismillah, melalui program bantuan TJSL ini masyarakat kami dapat menambah pemasukan untuk membantu ekonomi keluarga.


“Selama ini kami hanya bercocok tanam menggunakan media tanah, sehingga hasil panen pun tidak seberapa, setelah adanya bantuan dari PLN UPK Ombilim  kami mempunyai ilmu pengetahuan dalam bertanam menggunakan media hidroponik dan lampu UV, banyak hal yang kami dapat dari program ini, khususnya dalam meningkatkan hasil produksi tanaman hidroponik,” ucap Satimar. 



Satimar juga berharap semoga PLN UPK Ombilin dapat selalu beroperasi di Sawahluto ini, sehingga dapat terus memberikan perhatian pada masyarakat sekitar.


Shodiqin Manager PLN UPK Ombilin menyampaikan agar kelompok tani bismillah dapat menjalankan program TJSL yang sudah diberikan secara Optimal dan penuh tanggung jawab. Begitupun untuk kelompok lainya, sehingga setiap program yang telah disalurkan dapat di pertanggungjawabkan realisasnya serta  dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat maupun PLN. 


“PLN selalu berkomitmen untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri, sejalan dengan motto PLN, listrik untuk kehidupan yang lebih baik" 


"Dengan memanfaatkan listrik sebagai salah satu media pendukung dalam peningkatan produktifitas yang berdampak baik bagi masyarakat dan lingkungan,” ujarnya. (Rel/Ris1)




×
Berita Terbaru Update