Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 04 Agustus 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Rencana Pembangunan Jalan Lingkar di sekitar Batang Haluan Ditinjau Bupati dan Wabup

Rabu, 16 Juni 2021 | 13:17 WIB Last Updated 2021-06-16T06:17:59Z
Bupati dan wabup Pasaman Barat tinjau rencana pembangunan jalan lingkar di sekitar Batang Haluan.


Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Jembatan Batang Haluan, dekat Polsek Pasaman dan jalan di sekitarnya yang direncanakan akan dibangunan jalan lingkar, pasar dan terminal ditinjau oleh Bupati Pasbar Hamsuardi.


Juga ikut Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, didampingi oleh Plt Kadis Pu Ra’aan, kepala Bappeda Joni Hendri, dengan tokoh masyarakat untuk merencanakan langkah pembangunan ke depan Selasa 15 Juni 2021.


Ternyata pembangunan jalan dan jembatan tersebut mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat setempat. Tentunya saja hal ini menjadi hal yang positif bagi pemerintah karena pembangunan jalan tidak perlu lagi ganti rugi. Tokoh masyarakat setempat Daulaik Parit Batu Jailani bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan.


“Kami bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan infrastruktur di sekitar Batang Haluan Kecamatan Pasaman Nagari Lingkuang Aua. Baik untuk pembangunan terminal, pasar hingga perbaikan jalan. Kami sebagai tokoh masyarakat siap mendukung pembangunan ini. Karena tanpa dukungan dari masyarakat maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik, ”kata Daulat Parit Batu Jailani.


Ia menambahkan, dengan adanya dukungan dari masyarakat hendaknya pembangunan cepat dilakukan oleh pemerintah, sehingga pembangunan di wilayah tersebut berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.


Bak gayung bersambut, Pemerintah Daerah Pasbar merespon positif apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat tersebut. Bupati Pasbar Hamsuardi menegaskan jika pembangunan tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, terutama dalam pembebasan lahan.


Pemerintah tidak akan membangunan, baik itu jalan, jembatan, sekolah apapun itu bentuknya fasilitas negara tidak akan dibangun jika tanahnya masih bermasalah. 


Jika kita mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat untuk membangunan, tentu ini menjadi poin penting bagi kita yang akan kita sampaikan kepada pemerintah provinsi dan pusat, kata Hamsuardi.


Selain itu, lanjut Hamsuardi pembangunan dilakukan secara berkala walaupun pemerintah sudah meninjau lokasi tersebut. Perencanaan demi perencanaan di susun sehingga jelas berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membuat jalan, jembatan, pasar hingga terminal.


Wakil Bupati Pasbar Risnawanto mengatakan tahun ini akan dibangun jembatan, jalan lingkar untuk terminal dan pembangunan pasar pada 2022 di Batang Haluan sekitar Polsek Pasaman tersebut. 


Apalagi tanah telah dihibahkan Daulaik Parik Batu kepada pemerintah. Tentunya hibah tersebut didukung dengan kelengkapan administasinya.


“Ini salah satu bukti tokoh adat dan masyarakat sekitar mendukung perkembangan infastruktur, ”ujar Risnawanto.


Sementara itu, Plt PUPR Raf’an menyampaikan jika untuk pembangunan tersebut juga disampaikan nanti kepada pemerintah pusat dan provinsi, sehingga nanti diharapkan pembangunan dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Jika tidak bisa maka APBD tahun di 2022. 


"Kemungkinan besar kita akan menggunakan DAK. Kita mencoba dengan memasukkan perencanaan di APBD 2022, "ucap Raf’an. (robi)




×
Berita Terbaru Update