Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 29 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
68.074 11.450 55.179 1.445
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dukung Program Unggul Bupati-Wabup, Kominfo Tanah Datar Bikin Gebrakan

Rabu, 23 Juni 2021 | 22:30 WIB Last Updated 2021-06-23T15:30:13Z
Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian foto bersama BBPSDMP Kominfo Medan, dalam kegiatan bimtek.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Kominfo Tanah Datar bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan melaksanakan bimbingan teknis dan uji sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA).


Bimtek itu diikuti lulusan SMK, D1, D2 dan D3 untuk jurusan jaringan komputer, multimedia serta web programing, di Emersia Hotel, mulai Selasa-Sabtu 22-26 Juni 2021


Di sektor wirausahawan muda kepada Rakyatterkini.com, Kadis Kominfo, Abrar menjelaskan, dengan mendukung program unggulan bupati dan wakil bupati Tanah Datar, Diskominfo melakukan gebrakan dengan menjalin kerjasama dengan Kominfo Medan untuk menciptakan 1.000 usahawan baru per tahun.



Kadis Kominfo jelaskan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi peserta yang akan berdampak pada upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang digital.


Lapangan pekerjaan sebenarnya sudah terbuka lebar, namunperlu ada pelatihan, kompetensi dan sertifikasi, ujar Kadis kominfo Abrar


Abrar juga sampaikan melihat prospek bisnis atau lapangan pekerjaan saat ini bnyak bergerak di bidang media, elektronik atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 



Dinas Kominfo mempersiapkan generasi muda yang punya sertifikasi terukur secara nasional di dalam hal ini. Untuk itu pihaknya kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan.


"Saat ini 60 peserta dari Tanah Datar dengan macam bidang yakni junior video editor, junior web developer dan junior network administrator yang akan dibimbing secara tehnis sampai dilakukan uji kompetisinya, "jelasnya


Di bidang UMKM, Abrar mengatakan pemanfaatan TIK bagi pelaku UMKM di Tanah Datar agar promosi produk dapat disampaikan melalui media, sehingga terwujud generasi yang bisa memanfaatkan digitalisasi secara maksimal yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat.



Terkait anggaran biayanya murni dari negara (APBN). Jadi pihak Pemkab Tanah Datar hanya melakukan sosialisasi dan pembinaan.


Abrar berharap peserta mengikuti dengan baik kegiatan ini dan lulus uji kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan punya daya saing pribadi untuk masuk dunia kerja.


Dalam masa pandemi Pemkab Tanah Datar terus berupaya mecari trobosan trobosan dan program program yg betul terpakai oleh masyarakat.


Di kesempatan itu, Wabup Richi menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang sudah memilih pelaksanaan kegiatan di Tanah Datar untuk mendukung program pemerintah daerah. (farid)




×
Berita Terbaru Update