Notification

×

Iklan

Bupati Tanah Datar Minta BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Sosialisasi

Rabu, 23 Juni 2021 | 22:42 WIB Last Updated 2021-06-23T15:42:02Z

Bupati Tanah Datar minta BPJS Ketenagakerjaan perkuat sosialisasi.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - BPJS Ketenagakerjaan memberi jaminan sosial kepada tenaga kerja. Beberapa layanan di antaranya jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.


“Program BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat untuk melindungi masyarakat. Sosialisasi ke perusahaan dan ke tengah-tengah masyarakat perlu ditingkatkan, sehingga masyarakat tahu manfaat dan keuntungan ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan, ” ungkap Bupati Eka Putra saat menerima kunjungan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, Ocky Olivia, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar, Muhammad Afdhal dan Kepala Bidang Kepesertaan Yori Pratama di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu 23 Juni 2021.


Bupati mengatakan masyarakat Tanah Datar banyak berprofesi sebagai tenaga kerja informal. “Tanah Datar adalah wilayah pertanian, jumlah petaninya pun tinggi. Jika bisa dirangkul, maka petani akan terlindungi melalui jaminan sosial,” ucap bupati.


Tidak hanya petani sebut bupati, guru honor, guru TPA atau tahfiz maupun da’i bisa ikut program BPJS Ketenagakerjaan.


“Kita akan kaji ini, kalau memungkinkan kondisi keuangan, pemerintah daerah punya kepedulian untuk membantu,” sampainya lagi.


Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menambahkan saat ini ada rencana untuk melindungi pekerja rentan (rumah tangga miskin) agar terlindungi jaminan sosialnya melalui sistem donasi dari perantau.


Bagaimana nanti perantau ikut menjamin premi saudaranya di kampung halamannya sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, ada keringanan yang diterima. 

    

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, Ocky Olivia siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada BPJS Ketenagakerjaan.


“Terima kasih, kami sudah diterima, mudah-mudahan ini silaturahmi ini memperkuat kerjasama,” harapnya.


Senada dengan itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Muhammad Afdhal akan terus mensosialisasikan progam BPJS Ketenagakerjaan.


“Beberapa waktu lalu, kita sosialisasikan kepada guru TPA dan dari 2.000-an jumlah, sudah 150 orang ikut,” sambungnya.


Di kesempatan itu juga diserahkan pembayaran santunan kematian kepada Afrizal ahli waris Nova Afriani guru honor SDN 14 Batu Basa Pariangan senilai Rp42 juta.


“Almarhumah meninggal karena sakit yang diderita. Menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan selama 6 bulan dengan premi Rp9.700 per bulan. Mudah-mudahan santunan yang diberikan bisa bermanfaat,” pungkasnya.


Turut juga hadir Kadis Dikbud Tanah Datar Riswandi, Kabag Kesra H. Afrizon dan Kabid Tenaga Kerja Melly Hendrayani. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update