Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
61.350 8.430 51.585 1.335
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Walikota Sawahlunto Buka Bimtek SAKIP Tahun 2021

Sabtu, 01 Mei 2021 | 19:40 WIB Last Updated 2021-05-02T13:09:20Z
Walikota Sawahlunto, Deri Asta, didampingi Sekdako, Ambun Kadri membuka SAKIP. (foto taufan/humas)

Bukittinggi, Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto, Deri Asta didampingi Sekdako Ambun Kadri membuka secara resmi  bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) di Hotel Balcone Bukittinggi, Jumat 30 April 2021 malam. 


Kegiatan ini merupakan program kerja dari Pemko Sawahlunto dalam penguatan akuntabilitas kinerja  tahun 2021. Kegiatan Bimtek ini dilaksakan selama 3 hari, dari 30 April sampai 2 Mei 21.

Walikota meminta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu memimpin dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan bukan hanya menyerahkan semuanya kepada Kasubag Program dan Pelaporan. Karena yang dipercayakan untuk menjabarkan visi dan misi walikota dan wakil walikota adalah kepala perangkat daerah.

SAKIP merupakan rangkaian sitemik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan, pengukuran, pengumpulan data dan juga pelaporan kinerja instansi pemerintah daerah.

"Prioritas penerapan SAKIP ini diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas yang berorientasi pada hasil (outcome), "kata Deri Asta.

Dikatakan, manfaat dari implementasi SAKIP ini bagi pembangunan, adalah untuk mengukur dan meningkatkan kinerja pemerintah daerah, memudahkan dalam menentukan  program yang bersifat prioritas atau pendukung. Merubah paradigma dari kerja menjadi kinerja, ujarnya.

SAKIP merupakan bagian dari penerapan anggaran berbasis kinerja. SAKIP juga digunakan untuk mengukur sejauh mana pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, memperbaiki tata kelola pemerintahan, meningkatkan kwalitas pelayanan publik bahkan dapat mendorong pemberantasan korupsi di lingkungan kerja OPD.

"Karena itulah Bimtek SAKIP ini menjadi sebuah langkah strategis guna mewujudkan Sistem Kinerja Pemerintah Daerah yang lebih baik. Kepada para peserta Bimtek SAKIP ini agar serius dan sungguh-sungguh dalam mengikutinya. 

Terima kasih juga disampaikan kepada narasumber kegiatan ini, Ronald Andrea Annas, Ak, dari KemenPAN-RB dan Dr. Andi Erwing,  dari Bappenas, ujar Deri Asta.

Selain kepala OPD, Bimtek SAKIP ini juga diikuti oleh sekretaris, pejabat eselon III dan Kasubag Program dan Pelaporan. (Ris1)



×
Berita Terbaru Update