Notification

×

Iklan

Sawahlunto Raih Predikat Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Jumat, 07 Mei 2021 | 23:10 WIB Last Updated 2021-05-07T16:10:08Z

Wako Sawahlunto Deri Asta, didampingi Sekdako Ambun Kadri, Afridarman dan Isnedi.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com -  Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keenam kalinya diperoleh Pemerintah Kota Sawahlunto, secara berturut-turut dari 2015-2020.


Opini WTP itu disampaikan Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi, dalam acara menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Sawahlunto tahun 2020, melalui video jarak jauh dengan Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Jumat 7 Mei 21.


Penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan Opini WTP disaksikan ketua DPRD, Eka Wahyu, Sekretaris Kota, Ambun Kadri, Kepala Inspektorat, Isnedi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Afridarman.


Walikota Deri Asta mengatakan, diperoleh opini WTP adalah keberhasilan bersama pemerintah kota, DPRD dan masyarakat Sawahlunto. 


Dikemukakan walikota, pemeriksaan di dalam kondisi pandemi covid-19, sangat beda di tahun sebelumnya, yang harus menggunakan zoom, email dan video call disaat libur dan sampai malam. Semua didukung tim OPD yang solid dan kooperatif.


Jadi, LKPD dengan opini WTP wajib dipertahankan karena sangat membantu kegiatan pemerintah kota.


“Mempertahankan LKPD dengan opini WTP tidak mudah. Kriteria penilaian di masa mendatang semakin kompleks dan jauh lebih sulit,” ujar Deri.


Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi mengemukakan, ada empat kriteria yang menjadi landasan penilaian, yakni kesesuaian standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, efektifitas atas sistem pengendalian dan kepatuhan terhadap aturan pengelolaan keuangan daerah.


Sawahlunto, sebut Kepala BPK Rl Perwakilan Sumbar, diperoleh opini WTP di saat ini, sudah tahun keenam secara berturut-turut Sawahlunto memperoleh penilaian terbaik ini. “Kami berharap, Sawahlunto tetap punya komitmen berupaya lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah. Bagi DPRD, LKPD ini menjadi bahan pengawasan,” ujar Yusnadewi.


Sementara itu Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu mengharapkan komitmen pemerintah kota untuk terus bekerja dengan baik. Semakin kompleks penilaian laporan kinerja keuangan di masa mendatang, menuntut kinerja pemerintah kota mempertahankan yang diraih sekarang.


Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlunto, Afridarman mengatakan, berhasilnya Sawahlunto memperoleh opini WTP tidak lepas dari peran semua pihak, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut berperan aktif dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update