Notification

×

Iklan

Bupati Tanah Datar Pantau Posko Mudik Idul Fitri 2021

Sabtu, 08 Mei 2021 | 10:30 WIB Last Updated 2021-05-08T03:30:39Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau posko mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar memantau posko mudik Lebaran Idul Fitri 1442 hijriah, Jumat 7 Mei 2021.


Dalam pemantauan itu, bupati didampingi Kabag Ops Polres Tanah Datar, Kompol M. Ischak, TNI, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kasat Pol PP Yusnen, Kadis Perhubungan Harfian Fikri, BPBD, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mudik menjelang lebaran Idul Fitri 1442 hijriah, serta upaya mencegah dan memutus penyebaran virus corona (Covid-19) pada lebaran tahun ini.


Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra memberikan arahan dan petunjuk kepada seluruh petugas memastikan kondisi kesehatan masyarakat atau pengendara.


“Petugas menanyakan tujuan masyarakat, kalau ke Tanah Datar lakukan rapid test antigen, kalau reaktif akan diambil tindakan lanjutan, dan kalau negatif disilahkan lanjutkan perjalanan,” kata Eka. 


Bupati Eka Putra menceritakan, penerapan pemeriksaan dengan disiplin dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang dalam beberapa hari terakhir kasus cukup tinggi di Tanah Datar. 


“Langkah ini untuk melindungi kita semua dari pandemi Covid-19, terutama perantau yang mudik sebelum bertemu keluarga di kampung halaman diperiksa dulu dan dipastikan tidak terpapar Covid-19 dan bagi yang sudah di kampung halaman untuk melapor dan memeriksa diri ke Satgas di nagari masing-masing, "tegas Eka.


Setelah dilaksanakan pemantauan di Pos Sitangkai dilanjutkan ke Pos Pemantau di Tanjung Modang perbatasan Tanah Datar dengan 50 Kota, Pos Pemantau di Simpang Baso dan Simpang Tanjung Alam, Pos Pemantau Kubu Kerambil dan Pos Pemantau di Ombilin. 


Dalam pantauan di Pos Pantau Ombilin, petugas di Posko melaporkan dari 7 orang masyarakat yang diperiksa ada 2 orang menunjukkan reaktif positif. 


Sesuai laporan petugas di posko, bupati minta 2 orang yang menunjukkan hasil positif, mereka esok diharuskan melakukan test swab di Puskesmas


Bupati apresiasi masyarakat memeriksakan diri dengan kesadaran sendiri ke pos pemantau, dan memberikan motivasi serta semangat dalam melaksanakan penjagaan posko terpadu pengendalian transportasi menjelang Idul Fitri 1442 hijriyah.


"Ini menjadi bukti bahwa memang pos pemantau dibutuhkan dan bermanfaat, ”kata bupati. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update