Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Eka Putra Gelar Musrenbang RPJMD Tanah Datar 2021-2026

Selasa, 25 Mei 2021 | 07:58 WIB Last Updated 2021-05-25T00:58:23Z
Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam acara musrenbang.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan Musrenbang merupakan salah satu rangkaian dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, anggota DPRD, Plh. Sekda Edi Susanto, Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, perwakilan perguruan tinggi, pimpinan organisasi, ikuti kegiatan itu, Senin 24 Mei 2021.


Dikatakan, RPJMD dijabarkan ke dalam Dokumen Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD) berlaku 5 tahunan dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berlaku satu tahun sebagai acuan untuk dilaksanakan secara konsisten, selaras dan sesuai dengan target yang ditetapkan.


Kepala perangkat daerah agar memperhatikan kesesuaian visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD untuk efektivitas pembangunan daerah. 


“Kita bersama berkewajiban untuk mewujudkan visi dan misi daerah yang tertuang dalam RPJMD sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. Kemudian indikator kinerja daerah dijadikan acuan serta memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dalam proses perencanaan dan pelaksanaan agar terbangun sinergitas yang lebih efisien dan efektif, "ulasnya.


Bupati Eka juga tekankan sektor pendidikan harus mendapat perhatian. Kualitas tenaga pendidik dan sarana sekolah berupa MCK dan air bersih perlu ditingkatkan dalam periode RPJMD ini.


Peningkatan kemampuan digitalisasi, sampai bupati, sangat dibutuhkan tenaga pendidik menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Bagaimana kemampuan guru membuat silabus, media pembelajaran yang menarik, mengajar secara daring, absensi secara digital dan lainnya, ucapnya.


Bupati juga harapkan peningkatan kualitas pertemuan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musywarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP).  “Kalau bisa adakan lomba antar KKG dan MGMP, untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas guru,” tuturnya.

  

Sebelumnya Ketua Pelaksana Alfian Jamrah yang juga menjabat Kepala Baperlitbang Tanah Datar menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD tahun 2021 diikuti lebih kurang 150 peserta baik secara daring maupun hadir langsung.


Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani mewakili anggota DPRD menyampaikan sudut pandangnya terhadap Musrenbang RPJMD Tanah Datar 2021-2026.


Tanah Datar sudah menjadi terbaik di tingkat Nasional dalam perencanaan pembangunan, hal ini diharapkan berbanding lurus dengan capaian program yang dilaksanakan, berdampak siginfikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya. (farid)




×
Berita Terbaru Update